HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Dampak virus corona, ribuan pekerja di Kota Jayapura dirumahkan

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa saat saat diwawancara - Jubi/Ramah
Dampak virus corona, ribuan pekerja di Kota Jayapura dirumahkan 1 i Papua
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa saat saat diwawancara – Jubi/Ramah.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pandemi Covid-19 mulai berdampak pada sektor perekonomian di Indonesia, tak terkecuali di Papua. Ribuan pekerja di Kota Jayapura dirumahkan akibat virus corona.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa mengatakan, berdasarkan catatan ada 1.832 orang yang dirumahkan menyusul mewabahnya Covid-19 di Papua.

Dampak virus corona, ribuan pekerja di Kota Jayapura dirumahkan 2 i Papua

“Kalau PHK sampai saat ini belum ada. Masih yang di rumahkan saja. Jumlahnya ada 1.832 orang untuk pekerja formal, dan informal ada 800 orang lebih,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa saat dihubungi Jubi, Rabu (15/4/2020).

Menurut Naa, pekerja yang dirumahkan karena perusahaan sudah tidak mampu lagi membayar gaji, karena aktivitas usaha dibatasi, ditambah lagi lesunya sektor usaha setelah pandemi virus corona.

Mereka yang dirumahkan diminta menandatangani surat perjanjian bersama antara perusahaan dan pekerja yang berisi kesepakatan diantaranya jika kondisi sudah stabil, pekerja akan dipanggil kembali untuk bekerja dan pembayaran gaji disesuaikan dengan omzet perusahaan.

“Kalau tidak ada perjanjian bersama  pasti pekerja komplain atau membuat surat pengaduan. Pekerja yang lebih banyak dirumahkan adalah sektor usaha hotel. Hampir seluruh hotel di Jayapura,” ujar Naa.

Loading...
;

Naa menambahkan bagi sektor usaha yang masih beroperasi agar melaksanakan protokol kesehatan seperti menyediakan sarana cuci tangan, termometer, hand sanitizer.

“Mari sama-sama bertanggungjawab mencegah penyebaran virus corona supaya sektor usaha di Kota Jayapura ini kembali normal sehingga kebutuhan hidup masyarakat tidak terkendala,” ujar Naa.

Cluster General Manager Horison Jayapura, Horison Kotaraja, Eddy Soenarno Soejaningrat mengatakan selama pandemi virus corona, sebagian pekerjanya dirumahkan.

“Selama adanya corona ini, tingkat hunian kami turun drastis sampai 50 persen. Kami juga menyediakan sanitizing antiseptik dan sterilisasi di semua area hotel termaksud disinfeksi. Harapan saya semoga virus corona ini cepat berlalu supaya aktivitas hotel kembali normal,” ujar Soejaningrat. (*)

Editor: Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa