Follow our news chanel

Previous
Next

Dana APBD untuk sektor perekonomian harus ditingkatkan

Moses Yigibalom (baju biru) saat menyeduhkan kopi Lani Mendek pada kegiatan KAP Papua beberapa waktu lalu - Jubi/Agus Pabika.
Dana APBD untuk sektor perekonomian harus ditingkatkan 1 i Papua
Moses Yigibalom (baju biru) saat menyeduhkan kopi Lani Mendek pada kegiatan KAP Papua beberapa waktu lalu – Jubi/Agus Pabika.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah di tanah Papua harus mengubah pola pembinaan kepada Orang Asli Papua (OAP) dengan fokus pada pemberdayaan sumber daya alam yang dimiliki masyarakat Papua di sektor pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan kehutanan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Papua Ir. Adolf Alpius Asmuruf, kepada Jubi, Rabu (20/11/2019) di Jayapura, Papua.

“Harusnya dana APBD dibalik, infrastruktur diberi kecil dan dana pertanian, perkebunan dan sektor lainnya dikasih besar, ketika kasi naik dananya masyarakat bisa membeli kapal, membuka lahan pertanian besar, dan tinggal masyarakat masuk kebun untuk bekerja menanam karet, kopi, dan lainnya,” katanya.

Ia menambahkan, dana APBD terlalu besar untuk infrastruktur pembangunan jalan. Padahal tidak semua orang Papua butuh infrastruktur.

“Ini satu masalah besar pemerintah, jadi dana APBD tersebut harus dibalik bila pemerintah benar-benar memiliki niat untuk mensejahterakan dan memandirikan orang asli Papua di atas tanahnya,” katanya.

Sementara itu Moses Yigibalom, petani kopi Lani Mendek asal Lani Jaya berharap, pemerintah dapat melihat potensi alam yang ada di daerah masing-masing lalu di beri modal usaha.

Loading...
;

“Misalnya di Lani Jaya, kebun kopi, dan potensi lainnya banyak namun belum ada yang bekerja karena tidak ada dukungan dari pemerintah, namun besar harapan agar pemuda yang punya kemampuan juga bisa tampil membuka kebun pertanian tidak hanya kopi, tapi kacang tanah, ternak ayam, kedelai dan banyak potensi lokal yang perlu diangkat,” kata Yigibalom. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top