Follow our news chanel

Dana Otsus Papua untuk Biak Numfor berkurang 70 persen

Ilustrasi, anak-anak Papua. Untuk menciptakan generasi penerus Papua yang berkualitas adalah dengan menyediakan layanan kesehatan dan pendidikan yang berkualitas – Jubi/Konfrontasi.com
Dana Otsus Papua untuk Biak Numfor berkurang 70 persen 1 i Papua
Ilustrasi, anak-anak Papua. Untuk menciptakan generasi penerus Papua yang berkualitas adalah dengan menyediakan layanan kesehatan dan pendidikan yang berkualitas – Jubi/Konfrontasi.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Biak, Jubi – Penerimaan pembagian dana otonomi khusus (Otsus) Papua untuk Kabupaten Biak Numfor pada tahun anggaran 2019 dipastikan berkurang hingga 70 persen karena adanya kebijakan Pemerintah Provinsi Papua terkait pembangunan infrastruktur penyelenggaraan PON XX Papua 2020.

“Pengurangan penerimaan pembagian dana Otsus Papua tahun 2019 berlaku sama bagi 29 kabupate/kota di Provinsi Papua, guna mendukung sukses pelaksanaan PON 2020 di Papua,” ucap Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah Papua, Lot Louis Yensenem, saat dikonfirmasi di Biak, Minggu (21/7/2019).

Ia mengakui pada tahun 2018 penerimaan dana Otsus Papua untuk Kabupaten Biak Numfor mencapai Rp100 miliar.

Sementara untuk tahun 2019, menurut Lot Yensenem, dari informasi perkiraan sementara dana Otsus Papua untuk Kabupaten Biak Numfor diperkirakan berkisar Rp30 miliar hingga Rp32 miliar.

Sedangkan untuk penggunaan dana Otsus Papua, lanjut Lot Yensenem, harus sesuai dengan petunjuk teknisnya untuk membiayai program pendidikan, kesehatan, infrastruktur dasar masyarakat kampung, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat kampung.

“Untuk penggunaan anggaran membiayai program pembangunan di daerah yang bersumber dari dana Otsus Papua sudah terinci dalam empat kebijakan strategis daerah,” tegas Kepala BPKAD Biak, Lot Yensenem.

Loading...
;

Ia berharap penggunaan dana Otsus Papua tahun 2019 diperuntukan untuk membiayai program yang sudah termuat dalam dokumen pelaksanaan anggaran dari sejumlah organisasi perangkat daerah lingkup Pemkab Biak Numfor.

“Saya tegaskan dana Otsus Papua 2019 bukan untuk membayar hutang atau menambah kegiatan baru, ya ini perlu mendapat perhatian para pejabat kuasa pengguna anggaran di setiap OPD,” ungkap mantan Kepala Bappeda Biak itu.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Papua, Muhammad Musa’ad mengatakan Pemerintah Provinsi Papua akan memakai dana tambahan Otsus untuk infrastruktur, untuk membangun sejumlah venue PON XX di Bumi Cenderawasih.

“Dari besaran dana tambahan Otsus yang ada, Pemprov Papua akan memakai sekitar 38 persen. Ini sudah melalui pembahasan bersama pemerintah pusat, bahkan telah disetuji kementerian terkait,” kata Musa’ad.

Diketahui, dalam lampiran Perpres dana Otsus dibagi secara terinci, yaitu untuk Provinsi Papua sebesar Rp5,850 triliun dan Provinsi Papua Barat sebesar Rp2,507 triliun.

Sedangkan dana tambahan Otsus yang dialokasikan untuk Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat yang keseluruhannya mencapai Rp4,265 triliun. Yang mana rincian pembagiannya, Provinsi Papua sebesar Rp2,824 triliun, dan Provinsi Papua Barat sebesar Rp1,440 triliun. (*)

 Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top