Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Dana tunggu hunian tahap II masih diproses

Bupati Mathias Awoitauw (depan, tengah) bersama petugas dan penerima dana tunggu hunian untuk korban banjir bandang - Jubi/Engelbert wally.
Dana tunggu hunian tahap II masih diproses 1 i Papua
Bupati Mathius Awoitauw (barisan depan, tengah) bersama petugas dan penerima dana tunggu hunian untuk korban banjir bandang – Jubi/Engelbert wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pemerintah telah menyalurkan dana tunggu hunian tahap pertama kepada 400 keluarga korban banjir bandang 2019 di Kabupaten Jayapura. Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat bakal mengusulkan kembali bantuan serupa untuk 700 keluarga pada tahap dua.

“Dana tunggu hunian (nilainya) sebesar Rp500 ribu sebulan untuk setiap keluarga. Pada tahap pertama, setiap keluarga menerima sebesar Rp5 juta karena sudah (dirapel) 10 bulan,” kata Koordinator Lapangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayapura Sumartono di Kampung Yakonde, Distrik Waibhu, Kamis (27/2/2020).

Pada penyaluran tahap kedua, nilai dana tunggu untuk setiap keluarga juga sama, yakni Rp500 ribu sebulan. Kepastian para calon penerimanya bergantung kepada persetujuan pemerintah pusat dengan berdasarkan kelengkapan persyaratan administrasi.

Menurut Sumartono, persyaratan tersebut, di antaranya data lokasi dan jenis kerusakan, denah rumah, serta dokumen kependudukan. “Jika berkas dokumen (persyaratannya) lengkap, yang bersangkutan berhak menerima dana tersebut.”

Dia melanjutkan mereka saat ini masih terus mendata para calon penerima bantuan yang belum melengkapi dokumen persyaratan administrasi. Setiap hari ada belasan hingga puluhan keluarga melengkapi kembali data mereka.

“Semua (setiap keluarga) terdampak banjir bandang mendapat hak yang sama. Kami berharap masyarakat tidak terpancing dengan hal-hal (isu) yang tidak bisa dipertanggungjawabkan (kebenarannya),” kata Sumartono.

Loading...
;

Seorang penerima dana tunggu hunian Ricky Enok mengaku informasi mengenai bantuan tersebut diketahuinya pertama kali dari petugas BPBD Kabupaten Jayapura. Saat itu, kondisi banjir masih belum surut. Warga pun diminta sesegera mungkin melengkapi dokumen persyaratan pencairan bantuan.

“Waktu itu, kami menyangka (dana tunggu hunian) langsung diberikan, ternyata baru diterima setelah 10 bulan (kemudian). Namun, tidak apa-apa karena dana tersebut dapat kami gunakan untuk merehab rumah dan keperluan rumah tangga,” kata warga Kampung Sosiri, Distrik Waibhu, tersebut. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top