Follow our news chanel

Previous
Next

Danau Sentani jangan dikotori dengan sampah

Salah satu sudut dari Danau Sentani yang bersih dari sampah. - Jubi/Engel Wally
Danau Sentani jangan dikotori dengan sampah 1 i Papua
Salah satu sudut dari Danau Sentani yang bersih dari sampah. – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, Fransiscus Xaverius Mote mengimbau masyarakat yang mendiami perairan Danau Sentani tidak membuang sampah ke danau itu. Hal ini disampaikan Mote dalam acara penebaran benih ikan nila di Kampung Dondai, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Senin (4/11/2019).

“Danau Sentani bukan tempat sampah. Mulai saat ini, orang tidak boleh lagi buang sampah di Danau Sentani,” tegasnya.

Menurutnya, dengan lingkungan danau yang tidak sehat akan mempengaruhi tumbuh kembangnya ikan yang ada di Danau Sentani. Dampak yang sama akan terjadi terhadap ikan yang dibudidayakan masyarakat dalam keramba apung di Danau Sentani.

FX Mote juga mengajak semua masyarakat untuk membangun rumah yang menghadap ke arah Danau Sentani. Dengan demikian, masyarakat akan menjaga kebersihan air danau. Hal itu serupa dengan masyarakat di pesisir, yang diimbau membangun rumah menghadap ke arah laut.

“Kenapa danau atau laut cepat kotor, karena [diperlakukan seperti] tempat pembuangan,  seperti kamar mandi di bagian belakang rumah kita. [Selama ini] bagian belakang [rumah] itu mengarah ke tengah danau atau laut,” jelasnya.

Sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua, FX Mote menyatakan selama tiga tahun terakhir pihaknya berupaya meningkatkan hasil perikanan budidaya di Danau Sentani. Ia berharap dengan berbagai bantuan dari pihaknya ini, baik berupaya keramba apung atau benih ikan, akan terus dimanfaatkan masyarakat penerima manfaat.

Loading...
;

“Sejak dilantik menjadi kepala dinas, saya fokus untuk memberi perhatian kepada perikanan di Danau Sentani. Saya mau mengingatkankan kepada masyarakat, bahwa makan ikan danau sangat penting bagi kita semua,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura, Kris Kores Tokoro mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi dan mengimbau masyarakat menjaga lingkungan Danau Sentani. Imbauan itu juga diberikan kepada para pelaku usaha di perairan Danau Sentani.

“Semua usaha-usaha warung, toko, bengkel di perkotaan sudah kami datangi satu persatu, untuk memberikan pemehaman terhadap limbah dari sisa-sisa usaha mereka. Termasuk masyarakat yang sedang mendiami perairan Danau Sentani, agar senantiasa menjaga dan merawat danau dengan tidak membuang sampah [di sana],” pungkasnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top