Follow our news chanel

DAP: Jatah Pejabat dalam penerimaan IPDN di Papua merugikan siswa potensial

Papua
Siswa Praja Institut Pemerintahan Dalam Negri (IPDN) Papua - Jubi/Doc
DAP: Jatah Pejabat dalam penerimaan IPDN di Papua merugikan siswa potensial 1 i Papua
Siswa Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Papua – Jubi/Dok.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Dominikus Sorabut berharap penerimaan calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) bisa mengutamakan anak asli Papua. Menurut Dominikus, hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan anggapan adanya sistem jatah pejabat dalam proses penerimaan calon praja.

“Selama dari tahun ke tahun semenjak saya kuliah saya melihat IPDN ini yang masuk itu, bicara soal jatah pejabat Bupati, Kepala Dinas dan pejabat lainnya,” jelasnya Rabu (3/7/2019).

Menurut Dominikus adanya isu tentang jatah pejabat ini berpotensi membuat calon praja dari kalangan menengah kebawah menjadi tak percaya diri.

“Ini jelas merugikan anak – anak siswa yang ekonomi lemah, tapi mereka punya kemampuan sampai detik ini pun saya masih melihat IPDN dikuasai oleh anak – anak pejabat sehingga kami minta jangan sampai ada diskriminasi, harus ada pemerataan,” katanya.

DAP pun sedang berupaya untuk menyurat kepada pihak IPDN bahwa anak – anak Papua yang memiliki nilai bagus dan berasal dari golongan ekonomi lemah agar bisa diakomodir dalam IPDN.

“Saya akan menyurat dengan mendata nama – nama siswa dari tujuh wilayah adat ini, dan saya akan menyurat secara resmi, bahwa ini jatah Dewan Adat Papua untuk masuk ke IPDN,” ujarnya.

Loading...
;

Sementara itu Soleman Puraro, orang tua siswa yang mendaftarkan diri di IPDN mengatakan kerja sama para pimpinan Papua baik MRP, DPRP dan Gubernur Papua dalam memproteksi orang asli Papua sangat di harapkan terutama putri-putri Papua dalam menempuh pendidikan di sekolah kedinasan. (*)

 

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top