Follow our news chanel

Dapat akreditasi, RSUD Kwaingga terus berbenah

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Selain memberikan  pelayanan yang maksimal kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Keerom, pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kwaingga juga melakukan pembenahan sarana dan prasarana.

Kini RSUD kebanggaan masyarakat Kabupaten Keerom tersebut akhirnya mendapatkan akreditasi dengan peringkat bintang satu atau rumah sakit tipe D oleh komisi akreditasi.

"RS ini telah melalui survey sejak 25 hingga 27 September 2018 lalu. Dari hasil survey dari Komisi Akreditasi kami mendapatkan status lulus perdana dengan rating bintang satu," kata Direktur RSUD Kwaingga Beenadette Ekasoeci kepada Jubi, beberapa waktu lalu di Jayapura.

Dikatakan dari hasil survey tersebut juga pihak komisi akreditasi memberikan beberapa rekomendasi untuk perbaikan strategis dalam tiga tahun ke depan guna memenuhi standar.

"Sebelum dilakukan survey memang kami lebih fokus pada program khusus dengan empat penilaian dari Pokja. Kami kebut dulu sembari membehai yang lainnya," ujarnya.

Bernadette mengatakan empat penilai tersebut meliputi Pokja Pencanangan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Sasaran Keselamatan Pasien (SKP), Hak Pasien dan Keluarga (HPK), dan Kualifikasi dan Pendidikan Staf (KPS). Dari empat penilaian tersebut minimal masing-masing mendapatkan nilai 80 persen.

Loading...
;

"Prosesnya setiap Pokja membuat dokumen dan Surat Keputusan (SK) atau Stansar Operasional Prosesur (SOP). Setelah jadi, dokumen tersebur harus disosialisasikan ke unit kerja RS dan selanjutnya diimplementasikan di dunia kerja. Misalnya Pokja PPI soal SOP enam langkah mencuci tangan yang akan dipraktekkan oleh para perawat di unit rawat inap, UGD dan Unit Poli," katanya.

Dikatakan ini akan menjadi beban untuk menjaga mutu kualitas pelayanan terkait dengan SDM dan juga sarana prasarana yang harus dilengkapi di rumah Kwaingga.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Keerom, Rudy Situmorang mengatakan, pemerintah kabupaten bersama RSUD akan bekerjasama untuk meningkatkan akreditasi secara bertahap. 

"Saya sudah intruksikan kepada pihak RSUD untuk  mempersiapkan peralatan RS yang menjadi syarat dalam penilaian," ujarnya singkat. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top