Dapat koneksi internet gratis, warga Kampung Obya justru mengeluh

SD Inpres Obya lokasi wifi gratis (Jubi/Mawel)

 

Dapat koneksi internet gratis, warga Kampung Obya justru mengeluh 1 i Papua
Fasilitas wifi yang terkoneksi dengan internet secara gratis di SD Inpres Obya, Distrik Kurulu, Jayawijaya, Papua. –  Jubi/Mawel

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Sejak 2017, Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Jayawijaya memasang pemancar wifi koneksi internet secara gratis di SD Inpres Obya, Kampung Obya, Distrik Kurulu, Jayawijaya, Papua. Akan tetapi, fasilitas internet gratis itu justru dikeluhkan warga.

Paskalis Wilil, tokoh pemuda kampung Obya mengatakan wifi gratis itu hanya merusak moral anak-anak kampung. “Anak-anak sekolah pakai itu untuk membuka Facebook, membuka foto dan menonton film porno,”ungkapnya kepada jurnalis Jubi, Kamis (16/05/2019).

Wilil menyatakan kebanyakan warga Kampung Obya memiliki tingkat pendidikan yang rendah, sehingga sulit mengajak mereka menggunakan internet untuk mengakes informasi yang bermanfaat. “Jadi saya melihat fasilitas internet gratis itu tidak ada gunanya. Fasilitas itu justru lebih banyak merusak moral dan masa depan generasi muda di kampung ini,” kata Wilil.

Wilil meminta Pemerintah Kabupaten Jayawijaya mempertimbangkan setiap jenis fasilitas yang dibangun bagi warganya. Jika pemerintah daerah ingin menyediakan fasilitas internet gratis, maka harus ada pendidikan bagi anak-anak di sekolah agar dapat menggunakan akses internet untuk mendapatkan pengetahuan yang berguna.

Paulus Himan, penjaga server wifi di SD Inpres Obya itu menyatakan awalnya koneksi internet gratis di sana tersedia selama 24 jam per hari. Akan tetapi, layanan itu membuat banyak orang muda berkumpul di sekitar pemancar wifi, sehingga lokasi itu justru menjadi lokasi anak-anak muda berpacaran.

Loading...
;

“Awalnya kita buka (layanan internet gratis) 24 jam, tetapi orang yang datang akses (internet justru) orang pacaran. Karena tidak bagus, akhirnya kami tutup selama jam sekolah, sampai jam 18.00. Malamnya saya buka akses internet gratis lagi, anak-anak tidak mungkin kembali ke sekolah karena rumahnya jauh,”ungkapnya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top