Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

DAS Sentani desak Pemkab Jayapura segera selesaikan sengketa batas kampung

Demas Tokoro saat saat mengikuti sidang Majelis Rakyat Papua beberapa waktu lalu. - Jubi/Mawel
DAS Sentani desak Pemkab Jayapura segera selesaikan sengketa batas kampung 1 i Papua
Demas Tokoro saat saat mengikuti sidang Majelis Rakyat Papua beberapa waktu lalu. – Jubi/Mawel

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ketua Dewan Adat Suku Sentani, Demas Tokoro mendesak Pemerintah Kabupaten Jayapura segera mengambil langkah konkret untuk mendamaikan sengketa tapal batas Kampung Kehiran dan Kampung Toware. Hal itu disampaikan Tokoro melalui layanan pesan elektronik pada Rabu (29/4/2020).

“Pemerintah Kabupaten Jayapura segera ambil langkah-langkah penyelesaian sampai tuntas. [Saya] minta Bupati dengan Dinas Pemberdayaan Kampung untuk selesaikan dengan segera,” kata Tokoro.

DAS Sentani desak Pemkab Jayapura segera selesaikan sengketa batas kampung 2 i Papua

Pertikaian antara warga Kampung Kehiran dan warga Kampung Toware telah terjadi sejak Minggu (19/4/2020), menewaskan seorang warga dan membuat rumah puluhan rusak dibakar. Pertikaian itu terjadi setelah warga kedua kampung berselisih paham gara-gara pendirian pendirian pos Covid-19 di perbatasan wilayah kedua kampung.

Tokoro menyatakan Dewan Adat Suku Sentani mempunyai alasan untuk mendesak pemerintah daerah segera mendamaikan kedua pihak yang bertikai itu. Tokoro mengingatkan, upaya pemetaan wilayah kampung belum melibatkan pemilik hak ulayat yang bisa menentukan batas wilayah antara Kampung Toware dan Kampung Kehiran.

Tokoro menegaskan upaya pemetaan wilayah kampung harus didahului dengan musyawarah yang melibatkan para tokoh pemangku adat wilayah yang dipetakan. “Peristiwa ini dampak dari kebijakan yang tidak didahului dengan dengan musyawarah para tokoh pemangku adat yang sekaligus para pemilik hak ulayat,” kata Tokoro yang juga Ketua Kelompok Kerja Adat Majelis Rakyat Papua itu.

Ia mendesak Pemerintah Kabupaten Jayapura segera mempertemukan para tokoh pemangku adat dalam musyawarah bersama, untuk bisa menyepakati langkah pemetaan wilayah kampung, termasuk dari mana pemetaan mulai dilakukan, dan bagaimana cara menyelesaikan perbedaan versi tapal batas setiap kampung. Setelah semua hal itu disepakati, barulah pemetaan bisa dilakukan.

Loading...
;

Sebelumnya, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw menyatakan  Tim Gugus Tugas Pemetaan Wilayah Adat sedang bekerja memetakan wilayah adat setiap kampung. Hal itu disampaikan Mathius Awoitauw saat memberikan keterangan pers di Sentani, ibukota Kabupaten Jayapura pada Sabtu (25/4/2020), terkait masalah pertikaian antara warga Kampung Kehiran dan warga Kampung Toware.

Awoitauw meminta semua masyarakat adat di Kabupaten Jayapura membantu mendukung upaya pemetaan wilayah adat itu, agar konflik tapal batas kampung tidak terulang lagi. “[Pemetaan dilakukan] supaya ada kepastian hukum atas tanah dan kepemilikan kita. Oleh sebab itu, harus ada kerja sama pemerintah dan masyarakat adat, sehingga ke depan kita dapat menata kehidupan yang lebih baik lagi,” kata Awaoitauw.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top