HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Datang ke Papua, Wamen PUPR jelaskan infrastruktur

Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Wamen PUPR), John Wempi Wetipo - Jubi/Alex
Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Wamen PUPR), John Wempi Wetipo – Jubi/Alex

“Jadi, kami hadir di pelosok mana pun untuk wujudkan konektivitas yang ada, sehingga bukan hanya di Papua tapi juga di Jakarta,”

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Wamen PUPR), John Wempi Wetipo, mengatakan pembangunan infrastruktur yang di lakukan pihaknya di era Presiden Jokowi dilakukan secara merata tanpa membeda-bedakan suku, agama dan ras.

“Jadi, kami hadir di pelosok mana pun untuk wujudkan konektivitas yang ada, sehingga bukan hanya di Papua tapi juga di Jakarta,” kata Wetipo usai apel Hari Bakti ke-74 PU di Lapangan Trisula Lantamal X Hamadi, Kota Jayapura, Selasa (3/12/2019).

Baca juga : Warga Demta minta pemerintah perbaiki infrastruktur jalan

Dialog dengan presiden, dari minta pemekaran hingga pembenahan infrastruktur

Suara teriakan ketimpangan infrastruktur dari timur tidak boleh dibiarkan

Loading...
;

Ia mengklaim pada periode ke-2 kepemimpinan Presiden Jokowi akan ada pembangunan yang sangat luar biasa dalam lima tahun ke depan. Baik soal pembangunan Ibukota maupun konektivitas dari satu kabupaten ke kabupaten lainnya.

“Sekarang ini kita akan masuk ke babak yang baru. Saya harap bisa ada sinergi, terutama bagaimana kita di Papua bisa tetap menjaga keamanan di Papua. Dengan harapan pembangunan infrastruktur bisa selesai dengan tapt waktu,” ujar Wempi menambahkan.

Ia mengakui masih ada pekerjaan yang masih tertunda, seperti pembangunan jalan trans Papua yang terhenti karena adanya gangguan keamanan. Namun ia mengatakan semuanya akan dibahas dalam rapat koordinasi bersama seluruh balai dan satuan kerja di lingkungan Kementerian PUPR Papua dan Papua Barat.

“Nanti semua akan dibahas, kira-kira hambatannya apa saja dan segera dicarikan solusi. Yang jelas yang tidak selesai tahun ini, akan diselesaikan di tahun berikutnya,” katanya.

Saat ditanya soal pembangunan di daerah rawan, ia menekankan tidak semua dikerjakan oleh TNI. Namun akan dievaluasi dalam rapat koordinasi untuk mencari solusi.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XVIII, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Osman Harianto Marbun, mengatakan upaya pengerjaan jalan di daerah rawan masih dikerjakan oleh Detasemen Zeni Tempur (Densipur) TNI AD. Meski ada juga kontraktor yang mengerjakan jalan tersebut.

“Hingga kini jalan trans Papua yang sudah terbuka aksesnya,” kata Marbun.

Sejumlah akses jalan itu adalah jalan ruas Jayapura – Wamena, meningkatkan konektivitas menuju delapan kabupaten di wilayah Pengunungan Papua yakni Yalimo, Jayawijaya, Tolikara, Puncak Jaya, Puncak (Sinak-Ilaga), Lanny Jaya, Memberamo Tengah dan Nduga.  (*)

Editor : Edi Faisol

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa