Follow our news chanel

DBD renggut dua nyawa warga Jambi

Nyamuk DBD – Jubi/IST
DBD renggut dua nyawa warga Jambi 1 i Papua
Nyamuk DBD – Jubi/IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jambi,  Jubi – Demam berdarah telah merenggut dua warga Kota Jambi yang meninggal akibat Demam Berdarah (DBD). Sedangkan hingga Februari 2020 ini  jumlah penderita DBD yang tercatat pada sebanyak 223 kasus.

“Salah satu penyebab meninggalnya pasien yang terjangkit DBD itu adalah warga kurang sigap mengatasi dan mengantisipasinya,” kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Jambi, Nur Indrayeti, Rabu, (12/2/2020).

Baca juga : Darah ini lebih takut DBD dibanding virus corona

Penyebaran DBD semakin ancam warga Palangka Raya

Pemkab Lembata tetapkan KLB DBD

Menurut Nur Indrayeti, pasien tersebut sudah demam selama beberapa hari, tetapi orang tua enggan membawa ke rumah sakit. “Mereka lebih memilih mengatasi sendiri seperti memberikan obat penurun panas dan lainnya,” kata Indrayeti menambahkan.

Loading...
;

Ia menjelaskan dari 223 kasus DBD itu hampir merata di seluruh kecamatan yang ada di Kota Jambi. Di antaranya  di Kecamatan Telanaipura terdapat 22 kasus, Jambi Timur 32 kasus, dan Pelayangan 3 kasus.

Tak hanya itu di Kecamatan Jambi Selatan terdapat 9 kasus, satu di antaranya meninggal dunia. Di Kecamatan Danau Teluk terdapat 5 kasus, Kecamatan Pasar 3 kasus, Kota Baru 39 kasus, Jelutung 16 kasus, Danau Sipin 14 kasus, Paal Merah 38 kasus 1 di antaranya meninggal dunia, dan di Kecamatan Alam Barajo 40 kasus.

Sedangkan pada tahun 2019 lalu Dinas Kesehatan Kota Jambi mencatat jumlah kasus DBD di Kota Jambi sebanyak 634 penderita. Dari jumlah penderita kasus DBD tersebut terdapat sepuluh penderita yang meninggal dunia.

Dinas Kesehatan Kota Jambi berupaya mengantisipasi dan mencegah penularan penyakit DBD dengan cara Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang sering digalakan. “Namun hingga saat ini kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan masih rendah,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top