Follow our news chanel

DBD renggut tiga warga Sumsel

Ilustrasi, pixabay.com
DBD renggut tiga warga Sumsel 1 i Papua
Ilustrasi, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Palembang, Jubi – Sebanyak tiga warga Sumatera Selatan meninggal dunia karena menderita deman berdarah dengue (DBD) selama periode musim hujan hingga Februari 2020. Para korban berasal dari Kabupaten Muara Enim, Banyuasin, dan Musi Rawas Utara.

“Total hingga per Februari 2020 ada 819 kasus DBD yang terjadi di kabupaten/kota di Sumsel. Tiga di antaranya meninggal dunia,” kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Provinsi Sumatera Selatan, Mulyono, Kamis, (12/3/2020).

Baca juga : DBD di Kabupaten Sikka semakin mengkhawatirkan

Selama dua bulan ini DBD di Jakarta Selatan mencapai 165 kasus

Empat kawasan di daerah ini rentan DBD

Jumlah tersebut masih┬á data sementara, sebab kasus DBD pada Maret belum masuk Dinas Kesehatan Sumsel. “Ini data sementara, namun bila dibandingkan tahun lalu dengan periode yang sama terjadi penurunan,” kata Mulyono menambahkan.

Loading...
;

Hingga saat ini, kasus paling banyak kasus DBD terjadi di Musi Banyuasin 128 kasus, Palembang 122 kasus, dan Muaraenim 111 kasus. Pada 2019, tercatat 2.799 kasus dengan jumlah korban meninggal 16 orang.

“Tahun lalu paling tinggi kasusnya itu di Palembang yakni mencapai 667 kasus, lalu Banyuasin sebanyak 235 kasus, dan Muara Enim 229 kasus,” kata Mulyono menjelaskan. Pemprov Sumsel telah membuat surat edaran ke kabupaten dan kota untuk melakukan pencegahan wabah DBD. Selain itu memberi bantuan berupa insektisida, larvasida, APD yang telah dikirim ke kabupaten dan kota.

“Karena ini menjadi tanggung jawab bersama dan DBD ini sampai sekarang belum ada obatnya,” katanya.

Ia menghimbau warga melakukan gerakan 3M, yakni menguras, menutup, mengubur, dan memakai baju lengan panjang, memakai losion pelindung diri dari nyamuk, serta memelihara ikan tempalo. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top