Follow our news chanel

Previous
Next

Dekranasda Jayawijaya diminta promosikan kerajinan tradisional agar diminati pasar

Dekranasda Papua
Ketua Dekranasda Provinsi Papua, Yulce Wenda Enembe mengukuhkan pengurus Dekranasda Jayawijaya. -Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda Provinsi Papua, Yulce Wenda Enembe mengukuhkan Pengurus Dekranasda Kabupaten Jayawijaya di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Senin (31/8/2020). Yulce Enembe berharap Dekranasda Jayawijaya mampu menjadikan berbagai kerajinan tradisional diminati pasar, sehingga dapat mengangkat kesejahteraan orang asli Papua.

Dalam pelantikan itu, Yulce Enembe menyatakan Dekranasda Jayawijaya bisa menggarap pasar untuk meminati berbagai barang kerajinan orang asli Papua, seperti noken. “Dekranasda Jayawijaya juga dapat mempromosikan berbagai komoditi lokal Jayawijaya, seperti kopi, buah merah, madu, dan berbagai komoditas lainnya,” kata Yulce.

Yulce menyatakan Dekranasda Jayawijaya perlu bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi, dan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya untuk dapat mempromosikan berbagai potensi daerah Jayawijaya. Ia menyatakan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua pada 2021 merupakan peluang untuk mempromosikan kerajinan khas Jayawijaya untuk menjadi buah tangan bagi kontingan PON.

Baca juga: Empat distrik di Jayawijaya dibantu alat pemintal benang noken

Ketua Dekranasda Jayawijaya, Yustina Yenny Banua mengatakan pihaknya akan terus menggali potensi yang dimiliki di Jayawijaya yang kaya akan kerajinan. Menurutnya, ada 40 distrik di Jayawijaya. Jika setiap distrik memiliki empat kelompok perajin, Jayawijaya akan mampu memproduksi banyak kerajinan tradisional. “Saat ini, Dekranasda Jayawijaya baru membina sepuluh kelompok perajin,” kata Yustina.

Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua selaku pembina Dekranasda Jayawijaya mengatakan Dekranasda Jayawijaya dapat berperan membangkitkan kelompok perajin, demi menghidupkan perekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Menurutnya, kemandirian masyarakat akan sejalan dengan prioritas, visi, dan misi Kabupaten Jayawijaya.

Membangkitkan perekonomian kampung dengan meningkatkan produktifitas dan kualitas kerajinan masyarakat akan membuat berbagai barang kerajinan dari Jayawijaya mampu menembus pasar regional dan internasonal. Ia berharap pengurus Dekranasda Jayawijaya dapat bekerja dengan melihat kebutuhan masyarakat di tingkat distik dan kampung.

Loading...
;

“Jangan tinggal di kota saja. Kita tidak tahu apa yang terjadi di kampung. Jadi diharapkan pengurus Dekranasda [Jayawijaya] yang dilantik bisa lebih [sering turun] ke kampung dan distrik, melihat masyarakat langsung,” kata Banua. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top