Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Delapan Bulan Lamanya Pimpinan DPRD Mamberamo Tengah Baru Dilantik

Wamena, Jubi – Kurang lebih delapan bulan lamanya sejak dilantik pada 6 Desember 2014, unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mamberamo Tengah periode 2014-2019 akhirnya dilantik pada Senin (1/9/2015) di Gedung Ukumiarek Asso, Wamena.

Pengambilan sumpah dan janji jabatan unsur pimpinan DPRD Kabupaten Mamberamo Tengah dilakukan langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Wamena, Berlinda Ursula Mayor dihadiri Bupati Mamberamo Tengah, R. Ham Pagawak, forum komunikasi pimpinan daerah serta 22 anggota DPRD periode 2014-2019.

Ketiga unsur pimpinan DPRD Mamberamo Tengah yang dilantik ialah Berius Kogoya, S.Th sebagai ketua, Julius Tabuni wakil ketua I dan Ocho Pugumis sebagai wakil ketua II.

Usai pelantikan Bupati Mamberamo Tengah, R. Ham Pagawak kepada wartawan menjelaskan, kurang lebih delapan bulan lamanya pemerintah daerah menantikan unsur pimpinan DPRD yang definitif.

“Kami bersyukur dengan dilantikannya ketua dan wakil ketua DPRD Mamberamo Tengah, dengan begitu semua proses perencanaan pembangunan lebih khusus dalam sidang-sidang ke depan, entah itu sidang APBD perubahan maupun sidang APBD 2016 dan juga non APBD yang selama ini kurang lebih ada enam persidangan yang tertunda, kami harapkan DPRD dengan unsur pimpinan terbaru dapat melaksanakan dan menetapkan sebagai produk hukum agar itu bisa dilaksanakan atau dijalankan oleh pemerintah dan juga masyarakat kabupaten Mamberamo Tengah,” kata Ham Pagawak.

Diakuinya, materi sidang untuk dibahas bersama DPRD telah disiapkan sejak DPRD periode lalu, hanya saja tidak pernah ditetapkan sebagai suatu produk hukum, sehingga dengan DPRD yang baru ini pemerintah daerah setempat berharap materi yang akan diserahkan dalam waktu dekat dapat ditetapkan menjadi suatu produk hukum untuk dijalankan oleh pemerintah.

“Kami pun telah menyampaikan kepada pimpinan yang baru dilantik, setelah ini besok (hari ini, red) mereka sudah harus ke Kobakma, ibu kota Mamberamo Tengah untuk menyiapkan jadwal-jadwal sidang, sehingga semua yang kita harapkan beberapa jadwal sidang itu bisa dilaksanakan, karena ini cukup banyak yang harus kita laksanakan di semester yang sudah saat ini kita jalani,” harap Bupati.

Loading...
;

Sementara itu, Ketua DPRD Mamberamo Tengah, Berius Kogoya menjelaskan, usai dilantik maka seluruh anggota dan pimpinan DPRD akan langsung kembali ke ibu kota kabupaten dan melakukan tugas-tugas kedewanan yang selama ini tidak berjalan afektif.

“Diawali dengan pengesahan kelengkapan dewan, lalu kesiapan persiapan dengan dalam waktu dekat akan melakukan sidang anggaran perubahan. Oleh karena itu, dengan pelantikan ini sekalipun butuh waktu lama, tetapi kami sangat bersyukur atas semua dukungan sehingga pelantikan sukses berjalan,” kata Berius Kogoya.

Ditambahkan, alat kelengkapan dewan sendiri sudah terbentuk tinggal pleno pengesahan, meskipun di tahun ini hanya tinggal tiga bulan lagi sehingga waktu yang singkat ini DPRD akan manfaatkan untuk mengesahkan untuk kelengkapan yang ada, dan selanjutnya akan menjadwalkan untuk kegiatan kedewanan dan konsentrasi lebih pada pengesahan non APBD.

“Memang rancangan-rancangan yang sudah dibuat oleh pemerintah bersama DPRD sebelumnya, kami akan melakukan pengesahan itu selanjutnya kami akan persiapan untuk melakukan pembahasan-pembahasan dalam kaitanya dalam sidang anggaran perubahan dan sidang anggaran 2016,” katanya. (Islami)

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top