Follow our news chanel

Delegasi Universitas Aberdeen jajaki kerjasama pendidikan dengan Pemprov Papua

Aryoko Rumaropen (kedua dari kanan) menerima cinderamata dari Brook W Ross, perwakilan Universitas Aberdeen usai pertemuan di ruang kerja Kepala BPSDM Provinsi Papua, Kamis (30/1/2020) – Jubi/Dok BPSDM Papua
Delegasi Universitas Aberdeen jajaki kerjasama pendidikan dengan Pemprov Papua 1 i Papua
Aryoko Rumaropen (kedua dari kanan) menerima cinderamata dari Brook W Ross, perwakilan Universitas Aberdeen usai pertemuan di ruang kerja Kepala BPSDM Provinsi Papua, Kamis (30/1/2020). – Jubi/Dok BPSDM Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua menerima kunjungan delegasi Universitas Aberdeen dari Inggris yang tengah menjajaki kerjasama dalam dunia pendidikan. Delegasi yang dipimpin Brook W Ross itu bertemu Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia atau BPSDM Provinsi Papua, Aryoko AF Rumaropen di Jayapura, Kamis (30/1/2020).

Dalam pertemuan itu, Ross dan Rumaropen membahas kemungkinan kerjasama Pemerintah Provinsi Papua dan Universitas Aberdeen, antara lain untuk membuat kesempatan bagi anak asli Papua menimba ilmu di sana. Saat ditemui jurnalis seusai pertemuan itu, Aryoko Rumaropen mengatakan kunjungan delegasi Universitas Aberdeen itupatut diapresisi dan segera ditindaklanjuti. ” Pertemuan awal ini sangat positif, dan pada pertemuan berikutnya kita berharap segera terwujud kerjasama [Universitas Aberdeen dan Pemerintah Provinsi Papua],” kata Rumaropen.

Ia menyatakan kerjasama dengan Universitas Aberdeen Inggris nantinya akan menambah warna daftar perguruan tinggi di luar negeri yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Papua. “Visi dan misi Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal memberi perhatian serius terhadap masalah pendidikan di Papua. Kerjasama dengan Universitas Aberdeen, [akan menambah] kesempatan serta peluang bagi adik-adik pelajar asli Papua untuk menuntut ilmu di luar negeri,” kata Rumaropen.

Menurut Rumaropen, kerjasama dengan berbagai universitas terkenal dan terbaik di luar negeri bisa mempercepat peningkatan sumber daya manusia Papua yang unggul dan takut akan Tuhan. “Sudah banyak bukti putri putra Papua yang sukses menimba ilmu di universitas luar negeri Semoga akan terus lahir anak-anak Papua yang hebat dan berkualitas,” katanya.

Pemimpin delegasi Universitas Aberdeen, Brook W Roos menambahkan pihaknya begitu antusias dan respek dengan sambutan Pemerintah Provinsi Papua dalam merespon peluang bekerjasama dalam dunia pendidikan. Roos menjelaskan pihaknya telah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Kerjasama pendidikan itu dilaksanakan di Universitas Syah Kuala Banda Aceh, Universitas Malikussaleh di Aceh Utara, serta tiga rumah sakit pemerintah di Banda Aceh.

Menurut Roos, Pemerintah Provinsi Papua pantas dan layak untuk menjalin kerjasama dengan Universitas Aberdeen. “Universitas Aberdeen secara konsisten masuk dalam 200 universitas terbaik di dunia dan di Inggris Raya menempati peringkat ke-30. Tahun lalu, Aberdeen menduduki peringkat ke-31 di dunia untuk klasifikasi univeritas yang memberi dampak terhadap masyarakat,” kata Roos berpromosi.

Loading...
;

Universitas Aberdeen merupakan universitas riset publik yang terletak di kota Aberdeen, Skotlandia. Universitas itu merupakan universitas kuno dan tertua ketiga di Skotlandia dan tertua kelima di Inggris Raya. Universitas Aberdeen didirikan pada 1495, ketika William Elphinstone, Uskup Aberdeen dan Kanselir Skotlandia, mengajukan petisi kepada Paus Alexander VI atas nama James IV, King of Scots untuk mendirikan King’s College.

Pada tahun ajaran 2016/2017, Universitas Aberdeen menampung 14.150 mahasiswa dari tingkat sarjana hingga doktoral, termasuk banyak siswa internasional dari penjuru dunia. Universitas Aberdeen memiliki 650 program sarjana, termasuk bidang theologi yang menghasilkan banyak tokoh penting. Tak salah kalau universitas itu memegang teguh motto kampusnya “Takut akan Tuhan adalah awal dari kebijaksanaan”. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top