HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Demi pembangunan dan investasi, hutan sagu kian menyusut

Penanaman sagu pada lahan kritis di Kabupaten Jayapura - Jubi/Yance Wenda.
Demi pembangunan dan investasi, hutan sagu kian menyusut 1 i Papua
Penanaman sagu pada lahan kritis di Kabupaten Jayapura – Jubi/Yance Wenda.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kabupaten Jayapura telah memiliki aturan resmi untuk melindungi habitat dan populasi sagu. Regulasi itu tertuang dalam Peraturan Daerah Perlindungan Hutan Sagu, yang disahkan pada 19 tahun lalu.

Namun, keberadaan kawasan hutan sagu tetap saja menjadi sasaran ekspolitasi, seperti halnya kawasan hutan lain di Papua. Sagu banyak ditebang, dan lahannya pun beralih fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit, atau peruntukan lain.

Demi pembangunan dan investasi, hutan sagu kian menyusut 2 i Papua

Merujuk kepada data Dinas Kehutanan (Dishut) Papua, laju perusakan hutan sagu sangat drastis, dan itu berlangsung hanya dalam 15 tahun. Mereka menyatat hutan sagu Papua yang seluas 4 juta hektare pada 1996 menyusut hingga menjadi 1,6 juta hektare pada 2011.  Itu termasuk di Kabupaten Jayapura.

“Laju kerusakan hutan sagu sangat fantastis. Kebutuhan lahan untuk (kepentingan) pembangunan dan investasi membuat hutan sagu banyak ditebang,” kata Kepala Dishut Papua Yan Yap L  Ormuseray, Kamis (21/11/2019)

Ormuseray mengatakan sagu hanya dapat tumbuh pada dataran rendah, sedangkan dataran rendah juga menjadi kawasan potensial untuk pembangunan. Namun, dia berharap masyarakat tetap mempertahankan hutan sagu di wilayah masing-masing.

Hutan sagu sejatinya harus lestari sehingga manfaat ekologi dan ekonominya tetap bisa dinikmati hingga generasi anak-cucu. Karena itu, hutan sagu yang tersisa saat ini seharusnya dilindungi dan dipertahankan keberadaannya.

Loading...
;

“Hutan sagu yang tersisa harus dijaga dan dirawat supaya kita punya ana-ana di masa depan itu tahu. Jangan sampai pohon kelapa, pohon nibun (nipah) dibilang (disangka) sagu,” kata Kepala Taman Kanak-Kanak Bhayangkara Sentani Josina EV Lwanggin. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa