Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Demi PON, PDAM Jayapura bangun intake baru

Foto ilustrasi, masyarakat di pinggir Danau Sentani yang memanfaatkan air tanki PDAM untuk memenuhi kebutuhan air bersih – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Kamis – Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Jayapura akan menambah jumlah intake atau sumber air olahan PDAM Jayapura. Penambahan intake itu dilakukan untuk memastikan kebutuhan air bersih pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2020 bisa tercukupi.

Direktur Umum PDAM Jayapura Entis Sutisna menyatakan pihaknya membangun intake baru di sumber mata air Borgonji dan Danau Sentani. Masing-masing intake itu akan menambah kapasitas produksi air PDAM Jayapura. “Jadi nanti ada penambahan kapasitas produksi. Dari [intake] Borgonji [akan ada tambahan air bahan baku] 100 liter per detik, dan [dari intake] Danau Sentani [akan ada tambahan] 250 liter per detik,” kata Entis kepada Kantor Berita Antara di Jayapura, Kamis (30/1/2020).

Menurutnya, penyelenggaraan PON XX Papua 2020 akan mendatangkan banyak tamu atlet. PDAM Jayapura telah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi untuk memperbaiki atau membangun jaringan pipa PDAM Jayapura di lokasi arena PON XX Papua. “Pendanaan seluruhnya dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi, [serta pemerintah] kabupaten dan kota. Seperti [arena PON] di Politeknik Kesehatan Jayapura, ada pemasangan pipa baru dari Padang Bulan ke tempat itu. Pendanaannya dari Pemerintah Provinsi Papua,” ujarnya.

Jaringan pipa air lapangan softball di Universitas Cenderawasih telah terhubungan dengan jaringan pipa air Kojabu. Menurut Entis, pembangunan jaringan pipa air untuk lapangan softball itu juga dibangun dengan anggaran Pemerintah Provinsi Papua. “Di Mandala dan GOR Waringin sarana air bersihnya dibangun oleh pemerintah provinsi. PDAM ikut dalam hal penentuan di mana titik yang harus dihubungkan,” kata Entis.

Selain membangun jaringan pipa baru, PDAM Jayapura juga memperbaiki jaringan pipa air di sejumlah lokasi yang menjadi arena PON XX Papua. Arena tenis di Kantor Walikota Jayapura misalnya, sudah sejak lama terhubung sistem pipa air PDAM Jayapura, dan kondisi pipanya telah diperiksa ulang.

Entis menambahkan, PDAM Jayapura juga menyiapkan tujuh unit mobil tangki untuk mendistribusikan air bersih bagi para atlet dan ofisial PON yang berada di Kota dan Kabupaten Jayapura. Entis menyatakan semua persiapan itu akan mencukupi kebutuhan air bersih pada penyelenggaran PON XX Papua 2020.(*)

Loading...
;

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top