Follow our news chanel

Demo tolak DOB, massa ancam palang kantor DPR Papua

Mahasiswa Papua saat demo damai di halaman kantor DPR Papua - Jubi/Arjuna
Demo tolak DOB, massa ancam palang kantor DPR Papua 1 i Papua
Mahasiswa Papua saat demo damai di halaman kantor DPR Papua – Jubi/Arjuna.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ratusan demonstran yang menamakan diri mahasiswa dan rakyat Papua menyatakan menolak pemekaran atau pembentukan daerah otonom baru (DOB) di Papua.┬á Penolakan itu dinyatakan massa dalam aksi demo damai di halaman kantor DPR Papua, Selasa (16/7/2019).

Demonstran sempat mengancam akan memalang (menutup) kantor DPR Papua, karena setelah berorasi selama kurang lebih 90 menit, tak ada satupun anggota DPR Papua yang menemui massa.

Penanggung jawab aksi, Amos Kayame mengatakan sejak beberapa hari lalu pihaknya telah menyampaikan kepada DPR Papua jika akan melakukan aksi damai. Namun ketika massa mendatangi kantor perwakilan rakyat Papua itu, tak ada satu pun anggota dewan yang menemui demonstran.

“Kalau seperti ini, sebaiknya kantor ini tutup saja, cari balok dan palang kantor ini,” kata Amos Kayame.

Setelah bernegosiasi dengan aparat kepolisian yang mengamankan aksi, beberapa perwakilan massa memeriksa satu persatu ruang-ruang komisi hingga ruang pimpinan DPR Papua, mencari para anggota dewan. Tidak berselang lama, sejumlah anggota DPR Papua menemui massa aksi.

Massa meminta para anggota dewan yang menemui mereka menjelaskan alas an mengapa sebagian besar dari 69 anggota DPR Papua tidak berada di tempat.

Loading...
;

Salah satu anggota DPR Papua, Frits Tobo Wakasu mengatakan, beberapa anggota DPR Papu sedang melayat ke rumah duka almarhum Jan Ayomi, salah satu anggota DPR Papua yang meninggal dunia, Senin malam (15/7/2019).
Sementara anggota DPR Papua lainnya menurut Frits Tobo Wakasu, sedang dalam perjalanan ke kantor. Beberapa lainnya kini sedang berada di Jakarta mengikuti sidang sengketa pemilihan legislatif di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Beberapa anggota dewan lainnya kini sedang mengurus nasib mereka,” kata Frits Tobo Wakasu dihadapan demonstran. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top