Demonstrasi tujuh tahun Jokowi, mahasiswa Makassar blokir jalan di Semarang sidang rakyat

Papua, demonstran
Ilustrasi protes demontrasi, pixabay.com

Papua No.1 News Portal | Jubi

Makassar, Jubi – Mahasiswa di Makasar berdemontrasi dengan memblokir ruas jalan Jalan Sultan Alauddin, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Aksi itu sebagai kriitik tujuh tahun kepemimpinan Presiden Jokowi. Mereka memblokir jalan dengan menahan dua truk dan membakar ban bekas sehingga lalu lintas dan masuk Kota Makassar jadi macet total.

Tercatat ada tiga lokasi yang dijadikan pusat demonstrasi, meliputi di depan kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, depan kampus Muhammadiyah Makassar dan di pertigaan Jalan AP Pettarani-Sultan Alauddin.

Dalam orasinya, koordinator lapangan aksi, Razak Usman  menilai kebijakan Jokowi – Ma’ruf selama ini hanya mengedepankan pembangunan infrastruktur yang menguntungkan pihak tertentu.

“Pembangunan infrastruktur lebih cenderung berpihak kepentingan politik, kelompok dan orang-orang yang berada di luar negara ini,” kata Razak, Kamis (21/10/2021).

Baca juga :  Mahasiswa tetap demonstrasi usai bertemu stafsus milenial
Surati Jokowi, pimpinan lintas agama se-Papua minta 7 tapol diperlakukan secara adil
Mahasiswa Papua di Semarang minta hentikan operasi militer di Nduga

Razak juga mengkritik pemerintahan Jokowi yang menerbitkan kebijakan sarat masalah. Di antaranya  pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja, Revisi UU KPK dan seterusnya.

Loading...
;

“Kami menuntut tegakkan supremasi hukum, tolak rencana amandemen UUD, tolak Omnibuslaw, cabut UU nomor 19 tahun 2019, tolak Pilkada serentak, tolak penghapusan BBM bersubsidi dan mendesak Jokowi dalam penyelesaian penanganan Covid-19,”  kata Razak menegaskan.

Sedangkan di Kota Semarang ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi setempat menggelar sidang rakyat mengritisi sebagai protes tujuh  tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Aksi diawali dengan menggelar long march dari kawasan Kota Lama menuju Kantor Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di Jalan Pahlawan.

Sesampai di depan kantor Ganjar, massa mahasiswa menggelar orasi yang dilanjutkan dengan sidang rakyat. Satu per satu mahasiswa menyampaikan pendapatnya soal kinerja Jokowi selama memimpin Indonesia.

Tema utama orasi itu, di antaranya, isu penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu, omnibus law UU Cipta Kerja, hingga pelemahan KPK. “Apa hasilnya dari Jokowi selama ini? Janji-janjinya mana? Penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu tidak terdengar, omnibus law menindas rakyat, dan kini justru kita ditunjukkan dengan upaya pelemahan KPK. Mana kerja Jokowi”, ungkap Fajar Sodiq, koordinator aksi dalam orasinya.

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top