Dewan dan pemerintah bahas program pabrik tepung tapioka

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Merauke, Jubi – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke bersama pemerintah setempat, membahas program pabrik tapioka. Program dimaksud sebagai tindaklanjut studi banding beberapa anggota dewan ke Lampung sebulan lalu.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Merauke, Beny Latumahina dalam pertemuan Jumat (28/4/2019) mengatakan, ubi kayu yang dikembangkan masyarakat di Lampung, memberikan manfaat sangat besar. Ubi kayu petanu yang dibeli pengusaha, langsung diproduksi menjadi tepung dan dijual ke berbagai daerah di Indonesia.

“Kalau mau dilihat, struktur tanah di Lampung, jauh berbeda di Merauke yang lebih subur. Dewan mendorong pemerintah mengembangkan dengan membuka lahan dalam skala luas, sekaligus mendorong masyarakat menanam ubi kayu,” ujarnya.

Lebih lanjut Beny menjelaskan, beberapa tahun silam, ada rencana pengembangan ubi jalar di Jagebob. Sehingga telah dipersiapkan bangunan yang sudah dirampungkan 100 persen.

“Oleh karena rencana mendatangkan mesin pengolahan ubi jalar menjadi tepung dibatalkan, maka disepakati bangunan yang ada, akan dimanfaatkan mengola ubi kayu, setelah mesin dan fasilitas pendukung lain didatangkan,” tuturnya.

Ditambahkan, telah ada kesepakatan bersama eksekutif guna dibentuk tim khusus yang akan melakukan pengkajian mulai dari luasan lahan, bibit ubi kayu serta lain-lain. Jika sudah dipersiapkan, pengembangan ubi kayu harus segera dilakukan.

Loading...
;

Anggota dewan lainnya, Tarsisius Awi mengatakan, pihaknya mendukung langkah tersebut. Hanya saja, perlu dilakukan pengkajian secara mendalam terlebih dahulu. Karena dipastikan anggaran yang dikeluarkan, nilainya tidak sedikit.

“Saya berharap pemerintah sebagai inisiator, harus mengkaji sekaligus melakukan survei dengan baik mulai dari lahan, persiapan bibit sampai titik pemasaran, sehingga ada dampak yang bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat kelak,” pintanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top