Follow our news chanel

Di kampung Kiworo, dana desa dialokasikan buka lahan 20 hektar

sawah baru , lahan baru, papua, dana kampung, dana desa
Ilustrasi lahan pertanian di Jalan Baru Pasar Youtefa . - Jubi/Ramah

Papua No.1 News Portal

Kimaam, Jubi- Kurang lebih 200-an kepala keluarga di Kampung Kiworo, Distrik Kimaam, Kabupaten Merauke adalah petani. Secara umum mereka membuka lahan untuk menanam umbi-umbian, juga mengolah sawah.

Untuk mendukung sekaligus memotivasi masyarakat bekerja, pemerintah kampung mengalokasikan anggaran senilai Rp 100 juta, untuk membuka areal persawahan seluas 20 hektar.

Demikian disampaikan Kepala Kampung Kiworo, Eliandar Emanuel Kanangku. Menurutnya, dana tersebut telah disiapkan dan tinggal dimanfaatkan untuk pembukaan lahan pertanian, serta beberapa kegiatan lainnya.

“Kami sudah memberikan atau menyampaikan secara langsung kepada masyarakat setempat jika ada dana Rp 100 juta dimanfaatkan membuka lahan seluas 20 hektar dan direspons baik,” katanya.

Pembukaan lahan, menurutnya dilakukan secara bersama-sama menggunakan beberapa unit hand-traktor. Selanjutnya dibagi kepada setiap warga untuk bisa diolah untuk areal persawahan. “Jadi pengolahan lahan tak dilakukan secara kelompok tetapi perorangan,” .

Emanuel Buyuka, salah seorang warga Kimaam mengaku, umumnya pengelolaan lahan untuk persawahan tidak dilakukan kelompok, tetapi perorangan. Itu sudah berlangsung dari tahun ke tahun.

“Semangat masyarakat Kimaam secara umum mengolah lahan untuk areal persawahan sangat tinggi. Hanya kendala yang sering dialami adalah minimnya alat pertanian,” kata Buyuka. (*)

Loading...
;

Editor: Syam Terrajana

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top