Follow our news chanel

Previous
Next

Di Sorong, sekeluarga pasien positif COVID-19, dievakuasi masuk karantina

Covid-19 Papua
Foto ilustrasi, pandemi Covid-19 di Tanah Papua - Jubi/ Leon
Di Sorong, sekeluarga pasien positif COVID-19, dievakuasi masuk karantina 1 i Papua
Ilustrasi pandemi Covid-19 di Papua – Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sorong, Jubi – Pasien positif virus corona jenis baru penyebab COVID-19 Kota Sorong, Provinsi Papua Barat berinisial YT berjenis kelamin laki-laki usia 71 tahun dievakuasi tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sorong bersama enam orang anggota keluarganya masuk karantina di gedung Diklat Kota Sorong.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kota Sorong, Rudy R Laku, di Sorong, Minggu (26/4/2020), membenarkan bahwa pasien positif COVID-19 bernama YT telah dievakuasi bersama anggota keluarganya berjumlah tujuh orang untuk menjalani karantina di gedung Diklat Kampung Salak, Kota Sorong, Sabtu (25/4/2020).

Dia menjelaskan bahwa satu keluarga berjumlah tujuh orang yang dievakuasi masuk karantina tersebut hanya satu orang yakni, YT, yang telah dinyatakan positif virus corona berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium Balitbangkes Makassar, Sulawesi Selatan.

Sedangkan anggota keluarga lainnya sampelnya telah dikirim ke Laboratorium Balitbangkes Makassar untuk dilakukan pemeriksaan dan masih menunggu hasil tes di laboratorium.

Menurut dia, tidak hanya satu keluarga tersebut yang dievakuasi masuk gedung karantina, tetapi pasien positif lainnya dan juga orang dalam pemantauan (ODP) serta orang tanpa gejala (OTG) juga akan dimasukkan pula gedung Diklat tersebut untuk menjalani isolasi.

“Tujuan isolasi di gedung Diklat Kampung Salak tersebut untuk memudahkan pengawasan dan penanganan serta memutus mata rantai penyebaran,” katanya.

Loading...
;

Dia mengatakan bahwa transmisi lokal penyebaran virus corona telah terjadi di Kota Sorong sehingga masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

“Tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan penting, guna masker saat di luar rumah, rajin cuci tangan, serta menerapkan pola hidup sehat demi melindungi diri dan keluarga,” demikian Rudy R Laku.

Satu PDP Kota Sorong meninggal dunia

Sebelumnya, Satgas Penanggulangan COVID-19 Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, mengumumkan satu pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 meninggal dunia, Sabtu (25/4/2020), sekitar pukul 16.00 WIT.

Juru bicara Satgas COVID-19 Kota Sorong, Rudy R Laku, di Sorong, Sabtu (25/4/2020), mengatakan pasien dalam pengawasan yang meninggal dunia berinisial SU usia 80 tahun berjenis kelamin laki-laki yang beralamat di Kelurahan Klasaman, Distrik Sorong Timur.

Dia mengatakan bahwa pasien dalam pengawasan tersebut meninggal dunia setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Sele be Solu Kota Sorong. Jenazah PDP tersebut telah dimakamkan pukul 20.00 WIT di pekuburan COVID-19 dengan SOP penanggulangan COVID-19.

Menurut dia, pria pasien dalam pengawasan tersebut belum sempat diperiksa sampelnya. Namun tim medis telah melakukan tes cepat kepada almarhum dan hasilnya negatif.

Dikatakan bahwa hasil tes cepat tersebut tidak menjamin bahwa pasien benar-benar negatif sehingga dilakukan pemakaman jenazah dengan protokol COVID-19 demi keselamatan bersama.

Ia menjelaskan, pemakaman jenazah PDP tersebut berjalan dengan lancar tidak ada kendala penolakan dari masyarakat di sekitar pekuburan COVID-19 karena dilakukan sesuai SOP dan jauh dari pemukiman.

Pasien dalam pengawasan SU tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar Kota Sorong sehingga dapat simpulkan bahwa transmisi lokal telah terjadi di Kota Sorong sehingga masyarakat diharapkan waspada.

Hingga saat ini, tambah dia, jumlah pasien COVID-19 yang meninggal dunia berjumlah empat orang.

“Tiga orang pasien dalam pengawasan dan satu orang pasien positif,” ujarnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top