Follow our news chanel

Di tengah ancaman Covid-19, petani Merauke tetap berproduksi

Panen padi di Merauke - Dok. Jubi
Di tengah ancaman Covid-19, petani Merauke tetap berproduksi 1 i Papua
Panen padi di Merauke – Dok. Jubi

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Di tengah ancaman pandemi corona (Covid-19) di Bumi Cenderawasih, petani di Kabupaten Merauke, Papua tetap berproduksi, dengan tetap memperhatikan kesehatan dan kebersihan.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Papua, Semuel Siriwa, mengatakan Smsejak Oktober 2019 sampai Maret 2020, luas tanam padi di Merauke totalnya sudah mencapai 30.956 hektare, sedangkan luas panennya baru 654 hektare.

“Panen terbesar di Merauke diyakini akan terjadi pada April 2020.” ujar Siriwa di Jayapura, Senin (30/3/2020).

Tidak hanya Merauke, di beberapa kabupaten lain sepeti Nabire dan Kabupaten Jayapura, lahan tanam padinya juga cukup luas.

Periode Oktober 2019 hingga Maret 2020, luas tanam padi di Nabire 679 hektare dengan luas panen hingga Maret 2020 mencapai 64 hektare.

Sedangkan di Kabupaten Jayapura, dalam periode yang sama luas tanam padi telah seluas 248 hektare dengan luas panen sementara adalah 133 hektare.

Loading...
;

“Meski pemerintah menerapkan jarak sosial tetapi petani kita tetap semangat berladang. Untuk itu, kami tetap ingatkan mereka untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan,” ujarnya.

Selain padi, ujar ia, produksi jagung di Papua juga tetap berjalan. Luas tanam paling besar ada di Nabire yaitu 370 hektare dengan luas panen sementara luas mencapai 131 hektare.

“Secara keseluruhan di Papua, luas tanam padi adalah 33.476 hektare dengan luas panen sementara mencapai 922,25 hektare,”.

“Untuk jagung, sejauh ini luas tanamnya di Papua adalah 1.065,7 hektare dan luas panennya sementara mencapai 256,63 hektare,” jelasnya.

Semuel Siriwa berharap masalah penyebaran pandemu corona yang sudah terjadi di lebih dari 100 negara bisa cepat teratasi, khususnya di Papua.

“Semoga bencana ini cepat teratasi, harapan kami wabah ini jangan sampai menganggu produksi para petani kita,” kata Siriwa.

Sebelumnya, Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 Provinsi Papua , Silwanus Sumule, menyampaikan ada penambahan kasus positif virus corona atau covid-19 di Papua, tepatnya di Kabupaten Mimika.

“Sampai hari ini pukul 19.00 WP (Waktu Papua), jumlah pasien yang positif covid-19 ada sembilan orang yang tersebar di Kabupaten Merauke dua orang, Kota Jayapura lima orang, dan Kabupaten Mimika dua orang,” kata Silwanus. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top