Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Di Wamena harga telur ayam dan bawang putih naik

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1
 
Wamena, Jubi – Harga telur ayam dan bawang putih di Wamena, Jayawijaya mengalami kenaikan.
 
Koordinator pedagang di Pasar Potikelek Wamena, H. Yayan menjelaskan, bawang putih awalnya seharga Rp 70.000/kg dan kini menjadi Rp 90.000/kg dan terlur ayam menjadi Rp 85.000/kg dari harga Rp 70.000/kg.
 
“Kalau penyebab naiknya di Jayapura saya kurang paham, yang jelas kalau dilihat di media nasional salah satu faktor adanya penimbunan bawang putih di salah satu penguasaha di pusat. Setelah kejadian tertangkapnya penimbunan itu, selang dua hari pelaku pasar di Jayapura langsung menaikkan harga atau bagaimana saya kurang mengerti,” katanya kepada wartawan di Wamena, Kamis (25/5/2017).
 
Disebutnya stok telur sepekan terakhir memang berkurang. Namun sejak Kamis (25/5/2017) kontainer membawa telur dari Jayapura, sehingga beberapa hari kedepan stoknya kembali normal. Sedangkan bawang putih kini berkurang. Sebelumnya pelanggan bisa mengambil bawang sebanyak 500 kg, tapi kini hanya bisa didapat 100 kg.
 
“Memang kalau dalam satu dua hari ke depan masih cukup untuk bawang putih, tetapi untuk ke depan kalau tidak ada stok di Jayapura tidak akan mencukupi di Wamena. Kalau memang stok di Jayapura masih ada stok dan masuk hari ini juga, pasti akan dikirim ke Wamena, tetapi kalau tidak ada stok di Jayapura pasti di Wamena akan kewalahan,” katanya.
 
“Untuk kenaikan harga telur ayam juga karena stok di Jayapura juga kosong, sehingga mau tidak mau otomatis pedagang naikan harga. Tetapi di Wamena komoditi lain seperti beras, tepung dan lainya harga masih stabil untuk bahan pokok, kecuali untuk telur dan bawang putih memang ada kenaikan,” lanjutnya.
 
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Ketenagakerjaan Jayawijaya, Arisman Chaniago mengatakan, persediaan bahan-bahan kebutuhan pokok menjelang puasa di Wamena aman. Pihaknya bersama instansi lainnya akan melakukan operasi pasar dan pertokoan. Operasi itu dilakukan untuk memastikan tidak mengalami kelangkaan, kenaikan barang sepihak, penjualan barang kedaluwarsa dan barang tak layak jual.
 
“Dari hasil pantauan kami yang rutin yakni dua kali dalam satu minggu. Komoditi yang saat ini sudah naik adalah bumbu-bumbu dapur, seperti cabai dan bawang putih, dan yang signifikan naik adalah bawang putih yang sebelumnya Rp 60.000/kg menjadi Rp 90.000/kg,” katanya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top