Follow our news chanel

Previous
Next

Dianggap langgar norma adat, masyarakat minta tanah adat dikembalikan

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi  – Solidaritas Peduli Hak Masyarakat Pegunungan Tenggah Papua (SIKAP-TP) meminta kepala adat untuk mengembalikan tanah adat seluas 90 hektar yang diberikan kepada Pangdam Jayawijaya 26 September silam.

Menurut Ketua Solidaritas Peduli Hak Masyarakat Pegunungan Tenggah Papua (SIKAP-TP) Yoni Walela, pemberian tanah adat untuk pembangunan Kodam di Jayawijaya, telah melangar norma-norma adat dan budaya yang melekat pada masyarakat pegunungan tenggah khususnya masyarakat Jayawijaya.

"Kami akan bikin aksi besok untuk mendesak kepala suku agar mengembalikan atau mencabut kembali mandat yang di berikan kepada Pangdam serta mengembalikan lokasi tanah adat seluas 90 Ha kepada masyarakat adat sebagai pemilik ulayat," kata Yoni, Minggu (28/10/2018).

Dikatakan Yoni, pemberian tanah adat tersebut dilakukan tanpa melalui musyawarah dengan masyarakat yang memiliki hak warisan sehingga muncul dugaan adanya kepentingan individu yang melatarbelakangi aksi tersebut.

Di sisi lain, Yoni mengatakan, sejauh ini Jayawijaya masih dalam keadaan kondusif sehingga belum diperlukan adanya pembangunan Makodam. Menurutnya, pembangunan Makodan hanya akan membuat masyarakat tidak nyaman untuk beraktifitas. Ini karena masyarakat masih trauma dengan sikap arogan TNI pada kasus Wamena Berdarah 6 Oktober silam.

Sementara itu penanggung jawab aksi Yoni Alua badan pengurus Himpunan Pelajar Mahasiswa Jayawijaya (HIPMAJA) kota studi Jayapura berharap, aksi demonstrasi besok semua komponen dapat bergabung membangun solidaritas melawan sikap-sikap oknum yang tidak bertanggung jawab menghancurkan tatanan adat dalam kehidupan masyarakat di tanah Papua khususnya di Jayawijaya.

Loading...
;

"Besok sasaran aksi di kantor MRP, kantor DPRP dan kantor gubernur Papua sehingga dimohon kerja sama dan keterlibatan dalam menjaga keutuhan manusia, budaya, alam dan hutan Papua," harapnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top