Follow our news chanel

Previous
Next

Diantar Koalisi Pengacara HAM Papua, 4 Eks Tapol Papua tiba besok

Tapol Papua
Para advokat Koalisi Pengacara Hak Asasi Manusia Papua berfoto bersama empat eks Tahanan Politik Papua sesaat sebelum meninggalkan Balikpapan. - Dok. Yohanes Mambrasar

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Koalisi Pengacara Hak Asasi Manusia Papua tengah mengantar kepulangan empat eks Tahanan Politik atau Tapol Papua dari Kalimantan Timur ke Papua. Pada Jumat (21/8/2020), keempat eks Tapol Papua itu telah tiba di Makassar, dan menunggu keberangkatan pesawat menuju Papua. Mereka akan tiba di Jayapura pada Sabtu (22/8/2020).

Hal itu disampaikan advokat Gustav Kawer saat dihubungi Jubi di Jayapura pada Jumat. “Tanggal 21 [Agustus], hari ini, mereka naik pesawat [dan tiba di Makassar]. Besok, 22 [Agustus, mereka] tiba di Jayapura,” kata Kawer.

Sejumlah empat eks Tapol Papua itu adalah Wakil Ketua II Badan Legislatif United Liberation Movement for West Papua  (ULMWP) Buchtar Tabuni, Ketua Umum KNPB Agus Kossay, Ketua KNPB Mimika Steven Itlay, dan mahasiswa Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) Hengky Hilapok. Keempatnya adalah bagian dari tujuh aktivis dan mahasiswa yang ditangkap pasca unjuk rasa rakyat Papua memprotes tindakan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya pada 16 Agustus 2019.

Baca juga: Infografis : Putusan sidang 7 tahanan politik Papua dalam persidangan kasus demo anti rasis 2019

Mereka diadili dalam kasus makar di Pengadilan Negeri Balikpapan dan telah menyelesaikan hukuman mereka di sana. Pada 12 Juli 2020 lalu, tiga eks Tapol Papua sudah lebih dulu bebas telah pulang ke Tanah Papua, yaitu Presiden Mahasiswa USTJ Alexander Gobay, mahasiswa USTJ Irwanus Uropmabin, dan mantan Presiden Mahasiswa Universitas Cenderawasih Fery Kombo.

Gustav Kawer menyatakan pemulangan Buchtar Tabuni, Agus Kossay, Steven Itlay, dan Hengky Hilapok sebenarnya merupakan tanggung jawab Negara, karena polisi dan jaksa di Papua yang memindahkan lokasi penahanan serta persidangan mereka ke Balikpapan. Akan tetapi, polisi dan jaksa tidak mengurus pemulangan itu, sehingga Koalisi Pengacara Hak Asasi Manusia (HAM) Papua mengurus kepulangan empat eks Tapol Papua itu.

“Teman-teman pengacara mendampingi kepulangan [mereka]. Kami pengacara yang ambil alih, karena Negara tidak hadir dan bertanggung jawab,” kata Kawer.

Loading...
;

Baca juga: KNPB siapkan penyambutan kedatangan 4 Tapol Papua dari Balikpapan

Advokat Koalisi Pengacara HAM Papua lainnya, Yohanes Mambrasar yang tengah mendampingi perjalanan empat eks Tapol Papua menyatakan pada Jumat siang mereka berangkat dari Balikpapan. Mambrasar menyatakan perjalanan mereka berjalan lancar.

“Tadi jam 13.00 naik pesawat, tiba di Makasar pukul 14.00. Kami sedang transit di Makassar,” kata Mambrasar saat dihubungi di Makassar pada Jumat.

Menurut Mambrasar, ia dan keempat eks Tapol Papua itu baru akan melanjutkan perjalanan menuju Papua pada Sabtu pagi. Ia memperkirakan keempat eks Tapol Papua akan tiba di Bandara Internasional Sentani di Kabupaten Jayapura pada Sabtu sekitar pukul 11.00 WP. “Sesuai waktu di tiket, jam 10.40 tiba,” katanya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top