Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Dibatasi masuk, ribuan pendaki Gunung Lawu mengantre

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Solo, Jubi – Ribuan pendaki mengantre di pintu masuk di Pos Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur. Antrean tersebut terjadi karena pengelola menerapkan kuota pendaki maksimal 800 orang.

“Antrean itu kan terjadi sebelum pintu dibuka. Saya waktu itu ada di sana,” kata seorang relawan Anak Gunung Lawu, Budi Santoso, Minggu (16/8/2020).

Dibatasi masuk, ribuan pendaki Gunung Lawu mengantre 1 i Papua

Baca juga : Lima pendaki asal Kabupaten Agam dilaporkan hilang

Pendakian Gunung Rinjani segera dibuka

Komunitas pencinta alam sarankan pendakian Rinjani sementara ditutup

Budi mengatakan para pendaki mulai berdatangan sejak Sabtu (15/8/2020) malam. Mereka ingin mengikuti tradisi upacara bendera di Puncak Gunung Lawu yang rutin digelar setiap 17 Agustus.

Loading...
;

Relawan yang sehari-hari bertugas menjaga Pos Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu, Karanganyar itu mengatakan sejak terjadi pandemi Covid-19, pengelola pos pendakian menerapkan kuota pendaki. Untuk Pos Cemoro Sewu yang dikelola Perum Perhutani ditetapkan kuota 800 orang per hari.

“Tapi saya dengar tadi realisasinya yang masuk seribu lebih,” kata Budi menambahkan.

Sedangkan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Karanganyar, menetapkan kuota untuk Pos Cemoro Kandang dan Cetho masing-masing 350 orang per hari.

“Yang di tempat saya (Cemoro Kandang) sudah penuh dari jam 11 siang tadi. Yang naik lewat sini sesuai laporan ada 352 orang,” kata Budi menjelaskan.

Budi tidak melihat antrean pendaki di Cemoro Kandang. Pendaki berdatangan secara sporadis sejak pagi hingga siang. Ia memang berulang kali menolak beberapa orang yang hendak mendaki Gunung Lawu via Cemoro Kandang.

“Setelah saya tutup memang ada yang datang. Tapi karena kuotanya sudah penuh saya tolak,” katanya.

Petugas dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Karanganyar, Nardi mengatakan dalam dua hari terakhir jumlah pendaki via Cemoro Kandang dan Cetho memang meningkat.

Namun karena adanya kuota yang diterapkan, kondisi dua pos tersebut relatif terkendali. Tidak ada antrean pendaki seperti terjadi di Pos Cemoro Sewu.

“Dua hari terakhir ini memang kuota di Cetho penuh terus. Tapi yang di Cemoro Kandang penuh baru hari ini. Kemarin malah cuma 125 orang,” kata Nardi.

Gunung Lawu menjadi salah satu lokasi pendakian favorit untuk menyemarakkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap tahun upacara bendera digelar di puncak Hargo Dumilah diikuti 3-4 ribu orang. Namun di tengah pandemi ini jumlah pendaki dibatasi untuk mengurangi potensi penularan Covid-19. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top