Follow our news chanel

Dijaga 550 aparat gabungan, pleno PSU Deiyai sesuai jadwal

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Komisioner KPU Papua, Tarwinto menyatakan, pleno hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) pilkada Kabupaten Deiyai, Rabu (17/10/2018), di 12 Tempat Pemungutan Suara (PSU) di Distrik Kapiraya dan Tigi Barat digelar sesuai jadwal.

Ia mengatakan, Kamis (18/10/2018), KPU Deiyai telah memplenokan hasil PSU delapan TPS di Distrik Kapiraya dan empat TPS di Distrik Tigi Barat, di kantor KPU setempat.

"Sudah selesai hari ini, sesuai jadwal. Semua berjalan aman tanpa hambatan," kata Tarwinto kepada Jubi, Kamis (18/10/2018).

Menurutnya, dari hasil pleno KPU Deiyai, kandidat nomor urut 1, Ateng Edowai-Hengky Pigai memperoleh suara terbanyak. Perolehan suara empat kandidat peserta pilkada Deiyai dari hasil PSU di dua distrik itu, akan dijumlahkan dengan perolehan suara dari TPS lain yang tak di-PSU-kan. 

"Kalau perolehan sekarang ini (kandidat nomor urut 1) 3.000 plus 803 suara," ujarnya. 

PSU di Distrik Kapiraya dilaksanakan di TPS 1 Mogodagi, TPS 1 Yamouwitina, TPS 1 Uwe Onagei, TPS 1 Idego, TPS 1, 2, 3, 4 Komauto, dan PSU di Distrik Tigi Barat dilakukan pada TPS 1, 2, 3, dan TPS 4, Kampung Diyai.

Loading...
;

Pilkada Deiyai diikuti empat pasangan calon, yakni nomor urut 1. Ateng Edowai-Hengky Pigai (jalur perseorangan), nomor urut 2. Keni Ikomou-Abraham Tekege (jalur perseorangan), nomor urut 3. Dance Takimai-Robert Dawapa (diusung partai politik), dan nomor urut 4, Inarius Douw-Anakletus Doo (diusung partai politik).

Sementara Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol A.M. Kamal mengatakan, sebanyak 550 personil gabungan Polri dan TNI dikerahkan mengamankan pleno rekapitulasi suara yang dilaksanakan KPU Deiyai.

"Untuk pelaksanaan PSU di dua distrik sendiri sehari sebelumnya, berjalan aman tanpa hambatan," kata Kombes Pol A.M. Kamal.  

Pihaknya berharap, pasangan calon yang menang dalam pilkada Deiyai dapat merangkul kubu yang kalah untuk bersama-sama mendukung pembangunan di wilayah itu.

"Yang kalah harus menerima kekalahan dengan lapang dada dan tidak melakukan hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di Deiyai," ucapnya. (*) 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top