HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Dimodifikasi, TCM TBC di RSUD Nabire bisa mendeteksi korona

papua covid-19 alat pcr ptfi
Foto ilustrasi, alat PCR untuk uji swab korona virus yang digunakan di Klinik Kuala Kencana milik PT Freeport Indonesia – Jubi/ Dok. PTFI
Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Alat tes cepat molekuler atau TCM penyakit TBC yang ada di Kabupaten Nabire sudah bisa digunakan untuk memeriksa spesimen swab terduga Covid-19 dengan pendekatan reaksi rantai polimerase atau PCR. Alat pendeteksi TBC itu dapat mendeteksi infeksi korona setelah dilengkapi cartridge khusus, sehingga terduga Covid-19 di Nabire dan sekitarnya dapat didiagnosa lebih cepat.

Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Soemoele SpOG (K) mengapresiasi perkembangan kemampuan para analis kesehatan di Nabire mengalihfungsikan alat TCM TBC menjadi alat PCR korona. “Dengan telah berfungsinya tes cepat molekuler di Rumah Sakit Umum Daerah Nabire, kecepatan pemeriksaan Orang dalam Pemantauan maupun Pasien dalam Pengawasan meningkat,” kata Soemoele dalam telekonferensi pada Selasa (2/6/2020).

Baca juga: Update 2 Juni: Ada 11 kasus baru, ada 9 pasien sembuh

Dimodifikasi, TCM TBC di RSUD Nabire bisa mendeteksi korona 1 i Papua

Sebelumnya, Kabupaten Kepulauan Yapen menjadi kabupaten pertama di Papua yang bisa mengalihfungsikan alat TCM TBC menjadi alat pendeteksi infeksi korona. Soemoele menyatakan dengan semakin banyaknya kabupaten yang mampu melakukan pemeriksaan swab terduga Covid-19 dengan metode PCR, kini diagnosa Orang dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien dalam Pengawasan (PDP) tidak tersentralisasi di Kota Jayapura.

“TCM punya empat modul. Artinya setiap dua jam dilakukan pemeriksaan empat sampel. Jika mesin berfungsi selama delapan jam, maka dalam sehari Nabire mampu melakukan pemeriksaan 16 sampel,” jelas Soemoele.

Kapasitas TCM TBC itu memang jauh dibawah kapasitas alat PCR yang selama delapan jam bisa memeriksa 150-200 sampel spesimen swab terduga Covid-19. “Namun akan sangat membantu mempercepat mengetahui status pasien, dan tidak perlu mengirim ke Jayapura,” jelasnya.

Baca juga: Yapen lakukan pemeriksaan korona dengan metode TCM

Loading...
;

Catridge yang ditambahkan dalam alat TCM TBC di Nabire dan Kepulauan Yapen itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat. Para ahli virus di dunia mengakui tambahan cartridge khusus bisa membuat TCM TBC menjadi alat yang mampu melakuan pemeriksaan swab pendekatan reaksi rantai polimerase atau PCR, sehingga akurat.

Pemerintah pusat menyatakan telah mengirim cartridge serupa ke beberapa kabupaten di Papua, termasuk Merauke, Mimika, Biak Numfor, dan Jayawijaya. Di Provinsi Papua, terdapat 11 mesin TCM TBC yang tersebar di beberapa kabupaten.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa