Follow our news chanel

Previous
Next

Dinas Pariwisata dan pemerintah kampung harus saling koordinasi

Papua
Lokasi wisata Bukit Tungkuwiri di Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura - Jubi/Yance Wenda.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, JubiBupati Mathius Awoitaouw memerintahkan Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura berkoordinasi dengan pemerintah kampung dalam mengembangkan potensi wisata lokal. Pemerintah kampung merupakan mitra pemerintah kabupaten yang akan mendukung penataan dan pengelolaan tempat wisata.

“Harus ada koordinasi yang baik antara Dinas Pariwisata dengan pemerintah kampung Bagaimana (cara) pengelolaan dan penataan hingga melayani tamu (pengunjung) di lokasi wisata,” kata Bupati Awoitaouw, Rabu (9/9/2020).

Awoitaouw juga mengingatkan soal penataan lahan parkir dan penarikan biayanya. Tarif parkir jangan kemahalan karena bisa membuat pengunjung enggan menyambangi lokasi wisata.

“Orang datang (mengunjungi lokasi wisata) itu untuk menikmati keindahan (alam). Jangan hanya karena tarif parkir mahal, mereka tidak mau berkunjung lagi,” ujarnya.

Pengelola wisata juga mesti mengedepankan etika dan sopan santun. Mereka harus memastikan setiap pengunjung merasa aman dan nyaman saat berwisata.

“Setiap tamu bisa bebas menikmati keindahan di tempat wisata tanpa rasa takut (dari tindakan kriminal). Karena itu, lokasinya harus tertib dan tidak ada orang mabuk (minuman keras),” jelas Awoitaouw.

Sekretaris Kampung Doyo Lama Riky Pangkatana mengaku mereka belum pernah mendapat bantuan apa pun dari pemerintah kabupaten dalam mengembangkan lokasi wisata di Bukit Tungkuwiri. Seluruh pembiayaannya bersumber dari dana kampung.

Loading...
;

“Kami bergerak secara swadaya dalam menyiapkan berbagai fasilitas pendukung di Bukit Tungkuwiri. Ada juga bantuan berupa bak sampah dari komunitas (kelompok masyarakat) yang peduli dengan Tungkuwiri,” kata Riky Pangkatana. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top