Follow our news chanel

Previous
Next

Dinas Pendidikan Papua kirimkan buku dan radio untuk siswa di daerah tanpa internet

Dinas Pendidikan Papua
Kepala Bidang Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Papua, Laurens Wantik. - Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua bakal mendistribusikan seribuan buku pelajaran dan pesawat radio untuk siswa yang berada di daerah tanpa akses internet. Buku pelajaran dan pesawat radio itu diharapkan dapat menunjang kegiatan belajar mengajar pada masa pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Papua, Laurens Wantik di Jayapura, Selasa (8/9/2020) mengatakan kegiatan belajar mengajar pada masa pandemi Covid-19 dilakukan jarak jauh, dengan para siswa yang belajar di rumah. Akan tetapi, tidak semua wilayah di Papua telah memiliki akses internet untuk bisa menggunakan kuota data gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dinas Pendidikan Papua telah bekerjasama dengan World Vision Indonesia untuk mengirimkan buku pelajaran dan pesawat radio ke wilayah Papua yang tidak memiliki akses internet. “Pandemi covid-19 membuat adanya [ketimpangan] pengetahuan anak sekokah di kampung dan di kota. Untuk itu, kami mengirim buku dengan melibatkan mitra kerja,” katanya.

Menurut ia, buku pelajaran yang dikirim ke daerah tanpa internet kurikulumnya sudah disederhanakan. Buku pelajaran untuk daerah tanpa akses internet itu sudah dikirimkan dan dalam perjalanan.

Baca juga: Gubernur Papua minta pelajar manfaatkan internet gratis Telkomsel

Dinas Pendidikan Papua juga telah menggandeng Radio Republik Indonesia untuk menyelaraskan materi pembelajaran dengan buku pelajaran yang dikirimkan ke daerah tanpa akses internet. “Jadi kalau di daerah kota menggunakan internet gratis dari pemerimtah, siswa di kecamatan memakai buku dan radio yang masih dalama proses pengiriman,” kata Wantik.

Wantik menyatakan pihaknya juga telah berkomunikasi dengan sejumlah pihak yang diharapkan bisa memberikan bantuan pesawat radio. “Kami juga sedang meminta ke beberapa mitra untuk membantu pengadaan radio, dengan harapan pada masa pandemi siswa di daerah pedalaman bisa tetap belajar seperti di kota-kota, ” ujarnya.

Loading...
;

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe mendesak pemerintah pusat untuk segera merampungkan pembangunan Palapa Ring Timur. Sebab kata ia, saat ini jaringan internet hanya bisa diakses oleh daerah yang notabennya adalah ibukota provinsi dan kabupaten. Sementara di tingkat kecamatan yang jauh dari kota sama sekali tidak bisa.

“Saya harap proyek ini bisa segera dituntaskan sehingga seluruh anak-anak Papua, bisa mengakses internet dalam proses belajar. Apalagi seperti di masa pandemi saat ini,” katanya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top