HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Dinas Pendidikan Papua liburkan semua sekolah, UN SMK tetap berlanjut

Foto ilustrasi. - pixabay.com
Foto ilustrasi. – pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Guna mengantisipasi penyebaran virus corona di lingkungan sekolah, Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua meliburkan kegiatan belajar mengajar di seluruh sekolah, lembaga pendidikan, dan kursus di Papua mulai Selasa (17/3/2020). Pengecualian hanya diberlakukan bagi para siswa kelas XII SMK yang saat ini tengah menjalani Ujian Nasional.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait di Jayapura, Senin (16/3/2020). Ia menyatakan kegiatan belajar mengajar siswa TK, SD, SMP, dan SMA di Papua diliburkan mulai 17 – 31 Maret 2020.

“Ini kami lakukan demi mencegah penularan virus corona. Untuk itu, selama libur aktivitas belajar dapat dilakukan secara mandiri di rumah peserta didik masing-masing. Warga sekolah dan warga belajar, kami minta untuk tidak mengunjungi tempat-tempat umum seperti mall, bioskop, dan tempat wisata,” kata Sohilait.

Selain meliburkan para siswa, ujar ia, pihaknya juga menunda pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SD, SMP, SMA serta paket A, B dan C. “Penjadwalan ulang untuk pelaksanaan UN akan disampaikan setelah berkoordinasi dengan BSNP selaku penyelenggara ujian nasional dan disesuikan dengan perkembangan penyebaran virus corona,” ujarnya.

Mengenai UN SMK yang sudah dimulai pada Senin, Sohilait menyatakan UN SMK akan berjalan sesuai jadwal hingga 19 Maret 2020. Ia meminta setiap sekolah berkordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat untuk melakukan monitoring, guna mendeteksi secara dini penularan virus corona.

“Peserta [UN SMK] wajib mencuci tangan dengan sabun, antiseptik serta menggunakan masker apabila batuk, flu dan pilek, membersihkan semua perangkat ujian seperti keybord, LCD,  dan perlengkapan lainya,” katanya.

Loading...
;

Sohilait menambahkan, bagi siswa dan siswi selama menjalani libur diminta belajar dirumah masing-masing, sampai dengan ada pemberitahuan lebih lanjut.  “Kami minta setiap siswa dirumah belajar melalui portal Rumah belajar yakni belajar.menedikbud.go.id, ruangguru dan Indihomestudy.Kami berharap dengan cara ini dapat mencegah penyebaran virus dan mari kita jaga kesehatan kita dan tentunya jangan panik serta ikuti arahan dari pemerintah,” ujarnya.

Hal yang sama juga dilakukan Pemerintah Kota Jayapura juga memberlakukan libur bagi ASN Pemkot Jayapura, TK, PAUD, SD, dan SMP karena masa inkubasi corona terhitung mulai 17 sampai 21 Maret. Sedangkan rumah sakit, TNI dan Polri tetap bekerja. “Saya harap masyarakat tidak panik dalam menanggapi virus corona ini. Mari jaga kesehatan untuk mencegah virus ini,” kata Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa