HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Dinas Pendidikan Papua mengecek persiapan pelaksanaan UNBK

Siswa SMA PGRI Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, saat mengikuti UNBK 2019. - Jubi/Dok
Siswa SMA PGRI Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, saat mengikuti UNBK 2019. – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi โ€“ Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua menurunkan tim untuk meninjau persiapan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK di berbagai sekolah di Papua. Dinas Pendidikan Papua juga mengecek ketersediaan listrik dan sambungan internet selama penyelenggaraan UNBK pada 16 – 19 Maret 2020.

“Intinya kami ingin pastikan semua tidak ada masalah. Terutama soal internet dan kelistrikan,” kata Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Christian Sohilait di Jayapura, Selasa (10/3/2020).

Menurutnya, Dinas Pendidikan Papua telah bersurat kepada PLN, meminta jaminan aliran listrik selama pelaksanaan UNBK. Dinas Pendidikan Papua juga bersurat kepada Telkomsel, meminta jaminan sambungan internet terjaga selama pelaksanaan UNBK itu.

Terkait dengan adanya warga yang mengungsi dari Tembagapura pasca sejumlah insiden penembakan oleh kelompok bersenjata di sana, Sohilait menyatakan pihaknya sedang mendata berapa jumlah calon peserta UNBK yang turut mengungsi. Sohilait menyebut, ada dua SMA yang berada di Distrik Tembagapura.

Akan tetapi, ia menyatakan pihaknya belum mengetahui jumlah peserta Ujian Nasional (UN) SD, SMP maupun SMA yang mengungsi. “Apabila seluruh pengungsi sudah berada di Kota Timika, maka tidak akan sulit untuk menyiapkan fasilitas bagi peserta untuk mengikuti UN,” ujar Sohilait.

Ia menyatakan pihaknya baru dapat mengambil langkah penanganan siswa yang mengungsi itu setelah ada informasi rinci dari aparat keamanan. “Langkah tersebut baru bisa dilakukan setelah ada kepastian informasi dari pihak keamanan. Saya pikir kita harus memberikan waktu pada aparat keamanan untuk menyampaikan secara kongkrit bahwa yang aman itu yang ini, setelah itu baru kami akan ambil langkah-langkah,” kata Sohilait.

Loading...
;

Menurutnya, pelaksaan UNBK di Kabupaten Mimika akan bersamaan dengan waktu penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejawi di Mimika. “Kami sudah memberikan himbauan kepada semua kepala Dinas dan tim untuk melihat situasi yang akan terjadi. Intinya, kami ingin ujian tahun ini dapat berjalan lancar dan sukses,” ujarnya.

Secara terpisah Kepala Kepolisian Daerah Papua, Irjen Paulus Waterpauw membenarkan ada lebih dari 1.000 orang warga Tembagapura yang telah mengungsi pasca sejumlah insiden penembakan terjadi di sana pada pekan lalu. “[Sejumlah] 1.000 lebih warga kampung yang berada di Distrik Tembagapura telah mengungsi ke Kota Timika,” ujar Waterpauw. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa