Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Dinas perkebunan minta petani kakao manfaatkan peluang pasar

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Pekebunan Provinsi Papua, Jhon Nahumury mengatakan komoditas kakao dari Papua telah memiliki pangsa pasar yang baik, harga bagus dan kualitas terjamin, namun dari segi produksi masih belum maksimal.

"Kakao Papua nilai jualnya sangat baik, untuk itu kami terus dorong petani untuk meningkatkan produksi sehingga mampu memenuhi permintaan dari luar Papua," kata Jhon kepada wartawan, di Jayapura, Rabu (15/3/2017).

Dinas perkebunan minta petani kakao manfaatkan peluang pasar 1 i Papua

Menurut ia, kini petani lokal kakao di Papua hanya dapat memproduksi 1,2 ton  biji kakao saja, padahal untuk memenuhi permintaan dalam negeri saja dibutuhkan sekitar 750 ton. Untuk itu, kami terus berupaya mendorong petani untuk meningkatkan produksi.

Ia akui, pengembangan kakao di Papua biasanya terkendala serangan hama sehingga dengan adanya gerakan massal tiada hari tanpa perawatan dan pemeliharaan tanaman kakao diharapkan dapat meningkatkan produksinya.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty mengatakan Pemerintah Provinsi Papua terus mendorong para petani lokal untuk mengembangkan komoditas kopi dan kakao, hal ini dalam rangka mempersiapkan diri memenuhi permintaan pasar.

Menurutnya, harga kakao saat ini mencapai Rp29 ribu per kilo, apalagi infrastruktur jalan sudah bagus di wilayah Mamta.

Loading...
;

Untuk pengembangan dua komoditas ini, ujarnya, wilayah Mamta sangat strategis untuk kakao. Sementara wilayah Pegunungan Papua sangat baik untuk kopi. (*)
 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top