Follow our news chanel

Previous
Next

Dinas Perpustakaan Kota Jayapura ingin bangun gedung perpustakaan

Perpustakaan Papua
Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Frans Pekey meninjau ruang perpustakaan di Kantor Wali Kota Jayapura. - Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Guna meningkatkan minat baca masyarakat di Papua, khususnya di Kota Jayapura, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Kota Jayapura berencana membangun gedung perpustakaan yang representatif dan mudah dijangkau masyarakat. Gedung perpustakaan itu diharapkan bisa menggantikan ruang perpustakaan di Kantor Wali Kota Jayapura yang saat ini juga menjadi ruang kerja para staf Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jayapura.

“Saat ini kami sedang mencari lokasi untuk pembangunan gedung perpustakaan. Setelah dapat, kami ajukan ke Perpustakaan Pusat, untuk dilakukan pembangunan,” ujat Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jayapura, Septinus Ireuw kepada Jubi melalui panggilan telepon di Kota Jayapura, Papua, Sabtu (19/9/2020)

Ireuw menyatakan saat ini fasilitas perpustakaan daerah di Kota Jayapura masih berada di Kantor Wali Kota Jayapura. Ruang perpustakaan menjadi ruang koleksi buku, ruang baca, namun juga menjadi ruang kerja para staf Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jayapura.

Situasi itu menyebabkan perpustakaan daerah itu sepi pengujung. Bahkan, para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdinas di Kantor Wali Kota Jayapura pun jarang mengunjungi ruang perpustakaan itu.

Baca juga: Dinas Perpustakaan Kota Jayapura ubah speedboat jadi perpustakaan keliling

Menurut Ireuw, pihaknya ingin membangun gedung perpustakaan di lokasi strategis dan mudah dijangkau masyarakat Kota Jayapura. Distrik Abepura dan Distrik Jayapura Selatan yang padat penduduk dinilai menjadi tempat yang strategis untuk membangun gedung perpustakaan.

“Sebenarnya [kami ingin membangun gedung perpustakaan] tahun ini. Akan tetapi, [pandemi Covid-19 membuat anggaran dialihkan. Padahal Perpustakaan Pusat sudah siapkan [anggaran itu] sejak dua tahun lalu, namun terkendala [penentuan lokasi] saja. Harapan kami, [pembangunan gedung perpustakaan itu] segera terealisasi,” kata Ireuw.

Loading...
;

Sebelumnya Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Frans Pekey menyebut ruang perpustakaan yang berada di Kantor Wali Kota Jayapura sebenarnya merupakan perpustakaan umum yang bebas dikunjungi warga. Akan tetapi, warga Kota Jayapura segan mengunjungi ruang perpustakaan yang memiliki koleksi 3.411 judul buku itu.

Pekey berharap pembangunan gedung perpustakaan segera terealisasikan. “Semoga secepatnya dilakukan pembangunan gedung perpustakaan umum yang mudah dijangkau masyarakat. Buku adalah jendela dunia dan dapat mencerdaskan masyarakat, terutama anak-anak sekolah dapat memudahkan mencari materi tugas sekolah,” ujar Pekey. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top