Follow our news chanel

Dinas Perumahan Papua akan percantik perumahan kumuh

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PKP2) Provinsi Papua, berencana akan mempercantik perumahan kumuh di Papua, salah satunya yang ada di Apo Bukit Barisan, Kota Jayapura. 

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Papua, Daud Ngabalin, mengatakan program mengubah lokasi kumuh menjadi menarik, merupakan salah satu upaya mendukung pelaksanaan PON XX di Papua.

"Memang tahun ini kami lagi uji coba untuk membuat kampung tematik di Papua. Nantinya setiap rumah kumuh dipermak dengan berornamen khas Papua. Juga dicat warna-warni dengan nuansa Papua, namun tak meninggalkan kesan PON XX," kata Daud Ngabalin, kepada wartawan, di Jayapura, Rabu (24/10/2018).

Untuk hal ini, ujar ia, pihaknya sudah melakukan beberapa pemetaan di seluruh wilayah Papua, khususnya lima kabupaten/kota yang ditunjuk sebagai pelaksana PON Papua.

"Kalau untuk Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, kami akan terapkan di perumahan APO Bukit Barisan, Dok IX, dan permukiman di sekitar Bandar Udara Sentani," ujarnya. 

"Intinya, perumahan kumuh yang berada dekat dengan jalan protokol bakal diterapkan program kampung tematik," sambungnya.

Loading...
;

Daud menambahkan program kampung tematik sudah harus dilakukan. Sebab selain pelaksanaan PON XX yang tinggal setahun lebih, pembenahan kampung kumuh juga sudah mendapat desakan dari pimpinan daerah.

"Kemarin sudah ada pertemuan dengan Gubernur terkait rencana ini. Wagub Papua pun sudah minta untuk kami berpikir cepat dengan mendesain kota tempat pelaksanaan PON menjadi bagus," katanya.

Secara terpisah, Agus Firmansyah, warga Kelurahan Gurabesi, Kota Jayapura, mengaku sangat mendukung rencana pemerintah mempercantik kawasan kumuh, apalagi dengan ada penambahan ornamen khas Papua.

"Tentu ini sangat baik, sebab keberadaan rumah-rumah ini berada di tengah kota dan sangat terlihat jelas oleh mata bahkan wisatawan yang datang. Untuk itu, saya berharap rencana tersebut bisa segera terealisasi," kata Agus. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top