Follow our news chanel

Previous
Next

Dinas Sosial selaraskan data penerima bantuan sosial di Papua

Kepala Dinas Sosial, Kependudukan, dan Catatan Sipil Provinsi Papua, Ribka Haluk. - Jubi/Dok
Dinas Sosial selaraskan data penerima bantuan sosial di Papua 1 i Papua
Kepala Dinas Sosial, Kependudukan, dan Catatan Sipil Provinsi Papua, Ribka Haluk. – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Sosial, Kependudukan, dan Catatan Sipil Provinsi Papua menyelaraskan seluruh data penerima bantuan sosial dari 29 Dinas Kependudukan kabupaten/kota di Papua. Kepala Dinas Sosial, Kependudukan, dan Catatan Sipil Provinsi Papua, Ribka Haluk mengatakan penyelerasan itu dilakukan agar pihaknya memiliki data valid penerima bantuan sosial di Papua.

Ribka Haluk menyatakan selama ini pihaknya belum memiliki data valid penerima bantuan sosial di Papua. “Saya belum bisa sebutkan jumlah pasti penerima bantuan sosial di Papua. Sebab, data yang ada tidak sesuai [dengan hasil] pengecekan [di lapangan],” kata Haluk di Jayapura, Rabu (11/12/2019).

Menurutnya, pihak yang lebih tahu keadaan masyarakat adalah Dinas Sosial di kabupaten/kota. Untuk itu, ia berhadap data Dinas Sosial 29 kabupaten/kota nantinya sudah valid dan sesuai kondisi di lapangan.

“Kami di provinsi sifatnya hanya mengawasi. Akan tetapi, [kami] berharap progam ini bisa tepat sasaran. Jangan [sampai] ada keluarga yang tergolong mampu tetapi masih mendapat bantuan sosial, sementara [mereka] yang benar-benar tidak mampu malah tidak terdaftar,” ujarnya.

Untuk memastikan penyaluran bantuan sosial tepat sasaran, Dinas Sosial, Kependudukan, dan Catatan Sipil Provinsi Papua akan menghubungkan dan menyelaraskan data penerima bantuan sosial dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Jadi, data yang ada akan kami cek berdasarkan NIK. [Nantinya pengecekan itu] tidak hanya [mencocokkan] nama dan alamat [penerima bantuan]. Sebab, terkadang [kami menemukan data penerima yang] nama serta alamatnya sesuai, [namun ternyata] orang yang dimaksud tidak ada,” katanya.

Loading...
;

Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen, berharap ke depan ada pelatih dari Dinas Sosial yang memahami dan mampu melakukan pendataan sesuai aplikasi yang ada, agar data penerima bantuan sosial di semua kabupaten/kota valid. “Data itu tidak hanya soal nama dan alamat saja, tetapi status pekerjaan, serta [data] lainnya harus jelas dan berdasarkan NIK. Dengan begitu progam bantuan sosial ini bisa tepat sasaran,” kata Dosinaen.

Ketepatan sasaran pada program tersebut, lanjut Dosinaen, menjadi hal yang sangat penting dalam percepatan pengentasan kemiskinan di Papua. Setiap bantuan sosial perlu didukung dengan data yang akurat, terus dimutahirkan, dan terintegrasi secara terpadu. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top