Dinkes Asmat Catat 166 Orang Penderita Kusta

Jayapura, Jubi/Antara – Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat, Papua mencatat 166 orang warga setempat menderita penyakit kusta tersebar di Kampung Mumugu Satu dan Kampung Mumugu Dua, Distrik Sawaerma, Kabupaten Asmat. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat dr Pietererta Pajala ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Senin (21/9/2015), mengaku penderita penyakit kusta di Mumugu belakangan ini meningkat dari sebelumnya 140 penderita kusta bertambah menjadi 166 orang.

 

“Awal Agustus ditemukan 140 orang terserang kusta kemudian teman-teman bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) melakukan sweeping diseluruh Distrik Sawaerma akhir Agustus, ditemukan sekitar 20 penderita kusta, jadi semua berjumlah 166 orang terserang kusta,” katanya.

 

“Kita ketahui bahwa kalau penyakit kusta ini sembuh dengan rutin minum obat, sedangkan banyak masyarakat yang tidak minum obat karena tidak mendapat pelayanan dari petugas kesehatan yakni mendatangi masyarakat ke rumah/befak mereka untuk diarahkan minum obat, sehingga penyakit kusta bertambah,” ujarnya.

 

Dengan demikian, kata dia, Dinas Kesehatan Asmat berupaya mengontrak tenaga-tenaga kesehatan untuk ditempatkan di Mumugu namun tidak betah bertahan.

Loading...
;

 

“Makanya kami bekerja sama dengan Yayasan Alfons Sowada Keuskupan Agats untuk bekerja sama, karena menurut mereka bisa menjangkau pasien-pasien yang mencari makan ke hutan-hutan atau ke befak-befak, itu yang kami dari Dinas Kesehatan tidak bisa kejar dan pihak yayasan bersedia untuk mengejar mereka,” ujarnya.

 

Lanjut dia, Dinas Kesehatan Asmat melakukan penandatanganan nota kesepahaman kerja (MoU) dengan Yayasan Alfons Sowada Keuskupan Agats pada Januari 2015, kerja sama itu bertujuan agar pihak yayasan membantu Dinas Kesehatan Asmat untuk memberikan pelayanan dan pengobatan terhadap penyakit kusta.

 

“Jadi kerja sama itu sudah berjalan sekitar 8 bulan karena sudah dimulai sejak Januari dan hingga kini masih berjalan sampai Desember. Desember nanti kita akan melakukan evaluasi apakah penyakit kusta menurun atau tidak,” katanya.

 

Pieter mengaku sudah menyampaikan hal itu kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua drg Aloysius Giyai ketika bersama rombongan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kampung Mumugu dua pada Kamis (17/9). Sebelumnya, Pastor Hendrik Kada Pr yang bertugas di Distrik Sawaerma mengatakan jumlah pasien kusta di Mumugu bertambah dari sekitar 150 orang pada akhir 2014, kini menjadi 165 orang. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top