HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Dinkes Intan Jaya genjot pelayanan kesehatan

Bupati Natalis Tabuni - Jubi/Abeth You.
Dinkes Intan Jaya genjot pelayanan kesehatan 1 i Papua
Bupati Natalis Tabuni – Jubi/Abeth You.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sugapa, Jubi – Walaupun memiliki sejumlah persoalan dalam pelayanan kesehatan khususnya akses transportasi untuk melakukan pendistribusian obat-obatan di Distrik Ugimba dan Agisiga, namun pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Intan Jaya tetap optimis.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Intan Jaya, Sopianus Zonggenau kepada wartawan beberapa waktu lalu usai pemberkatan gedung sementara RSU Pratama Intan Jaya.

Dinkes Intan Jaya genjot pelayanan kesehatan 2 i Papua

“Obat-obatan dan tenaga medis ada tetapi kami kendala di transportasi menuju ke dua distrik tersebut,” kata Zonggenau.

Padahal kata dia, dua distrik tersebut menjadi fokus pelayanan dari Dinkes. Tetapi soal trasportasi bukan menjadi kendala bagi pihaknya untuk menyelamatkan nyawa manusia di Migani, Nduga, Dani dan Wolani.

“Pasca pelayanan pemerintahan dipindahkan kembali dari Nabire, semua petugas siap dan sedang melayani,” ujarnya.

Disinggung potensi penyakit yang rawan diderita warga setempat, Zonggenau mengatakan, penyakit yang sering melanda yaitu infeksi saluran pernafasan atas (Ispa).

“Penyakit yang menonjol itu Ispa. Biasanya sama anak-anak, dewasa ataupun juga lansia. Makanya,kami selalu imbau agar ada gejala dari Ispa seperti batuk, bersin, pilek, hidung tersumbat, nyeri pada tenggorokan, sesak nafas, demam, sakit kepala dan nyeri otot itu harus datang ke Puskesmas,” katanya.

Bupati Natalis Tabuni  mengatakan, pihaknya telah membangun gedung RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) tipe D, dan siap beroperasi melayani masyakatat namun karena faktor Pilkada, kondisi fisik bangunan kembali jadi tidak layak digunakan.

“Dari segi gedung, kita memiliki calon Rumah Sakit tipe D bantuan dari Kemenkes. Namun karena kondisi fisik tidak layak digunakan, maka sementara kita pakai Puskesmas Yokatapa,” kata Bupati.

Faktor lainnya kata Bupati Tabuni,  pihaknya masih melakukan negosiasi dengan pemilik hak ulayat.

“Semoga RSU yang kita bangun di Wandoga bisa lakukan pemberkatan dan dioperdioperasikan dalam waktu dekat,” ujarnya. (*)

Editor : Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top