Follow our news chanel

Dinkes Nabire rapat koordinasi pencegahan virus corona

Rapat koordinasi penanganan dan pencegahan virus corona. - Jubi/Titus Ruban
Dinkes Nabire rapat koordinasi pencegahan virus corona 1 i Papua
Rapat koordinasi penanganan dan pencegahan virus corona. – Jubi/Titus Ruban

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nabire melakukan rapat koordinasi penanganan dan pencegahan virus corona, pada Jumat (31/1/2020), di Aula Dinkes, Nabire. Rapat diikuti oleh seluruh kepala puskesmas dan pihak Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) Nabire.

Kepala Bidang Penanganan dan Pengendalian Penyakit Dalam, dr. Frans Sayori, mengatakan, pertemuan dilakukan guna menyatukan persepsi tentang apa itu virus corona dan pedoman penanganan yang disepakati bersama, tentang pelaksanaan kasus yang dicurigai.

“Juga bagaimana Dinkes dan RSUD dalam menyiapkan semua keperluan bila ada yang yang diduga terinfeksi corona,” katanya, di Nabire, Jumat (31/1/2020).

Lanjutnya, koordinasi lintas sektor harus dilakukan di antara pihak puskesmas dan RSUD, juga petugas kesehatan di pelabuhan dan bandara.

“Setiap puskesmas harus memiliki pedoman tentang pasien yang dicurigai terjangkit corona, sehingga difokuskan ke pasien dengan keluhan sesak nafas dan batuk pilek. Diutamakan pula jika ada pasien yang memang datang dari Wuhan, China,” katanya.

Di tempat yang sama, Direktur RSUD Nabire, dr. Andreas Pekey, mengatakan di RSUD akan disediakan satu ruangan isolasi, bagi pasien yang terindikasi terinfeksi virus corona.

Loading...
;

“Kami di rumah sakit memang sudah menyiapkan satu ruangan, sambil menunggu pengajuan ke pemerintah daerah untuk ruangan standar dan fasilitasnya,” katanya.

Kata Pekey, penanganan virus corona tak beda jauh dengan pasien penyakit paru-paru. “Hanya saja, virus corona mudah menyebar dan menjangkiti orang lain.” (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top