Dinkes Papua Klaim Pelayanan Kesehatan di Mbua Membaik

Tim biddokkes Polda Papua bersama tim kesehatan di Distrik Mbua, ketika melakukan pengambilan sampel darah terhadap anak-anak di Mbua -Jubi/Islami
Tim biddokkes Polda Papua bersama tim kesehatan di Distrik Mbua, ketika melakukan pengambilan sampel darah terhadap anak-anak di Mbua -Jubi/Islami

Jayapura, Jubi – Pasca dilanda wabah Pertusis (batuk rejan), Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua mengklaim, pelayanan kesehatan di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga sudah semakin membaik.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Aloysius Giyai, di Jayapura, Kamis (4/8/2016) mengatakan agar wabah Pertusis tidak terulang lagi, tim kesehatan Papua maupun tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nduga terus melakukan pencegahan.

“Untuk pelayanan kesehatan di Mbua, saya bisa katakan sudah mulai membaik, ini karena kerja keras dari tim kami Dinkes Papua maupun Dinkes Kabupaten Nduga,” katanya.

Meskipun demikian, ujar Giyai, untuk memulihkan kondisi masyarakat secara keseluruhan, pihaknya membutuhkan dukungan dari SKPD lainnya seperti Dinas Pertanian dan Dinas PU.

“Ini juga harus jadi perhatian, jangan sampai kami yang selalu dikejar, padahal kami sudah mampu melaksanakan tugas, tinggal bagaimana teman-teman dari bidang lain juga membantu,” ucapnya.

Dia menambahkan setiap bulan tim dari Dinkes yang dipimpin langsung Yamamoto Sasarari selalu menyambangi Distrik Mbua untuk mengecek pelayanan kesehatan disana.

“Dengan pelayanan intensif yang sudah dilakukan, maka kami optimis tidak ada lagi Kejadian Luar Biasa (KLB),” kata Aloysius Giyai.

Loading...
;

Sebelumnya, Ketua Pansus DPR Papua Nathan Pahabol, Selasa (28/6/2016) mengatakan pihaknya telah menemukan virus penyebab meninggalnya balita dan anak di Mbua dan dua distrik lainnya, yaitu Pertusis dan dampak lingkungan.

“Jadi, virus itu ada dua, menurut data Litbang Kementerian itu Pertusis dan satunya dampak lingkungan. Dua itu yang kami dapat, tetapi ada kajian lain yang dilakukan oleh rekan-rekan lain,” kata Pahabol. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top