HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Dipantau dengan aplikasi e-SAKIP, OPD di Papua harus tingkatkan kinerjanya  

Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Hery Dosinaen. - Jubi/Alex
Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Hery Dosinaen. – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi –Pemerintah Provinsi Papua telah meluncurkan aplikasi sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah elektronik atau e-SAKIP untuk memastikan setiap Organisasi Perangkat Daerah atau OPD meningkatkan kinerjanya. Aplikasi e-SAKIP dirancang untuk memudahkan proses pemantauan pengendalian kinerja OPD dan meningkatkan akuntabilitas serta kinerja OPD.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Hery Dosinaen di Jayapura, Rabu (11/12/2019). Ia menyatkaan aplikasi e-SAKIP dirancang untuk memudahkan proses pemantauan pengendalian kinerja OPD dan meningkatkan akuntabilitas serta kinerja OPD. Peningkatan kinerja setiap OPD diharapkan akan meningkatkan kualitas pelayanan publik di Papua.

“Jadi Semua OPD mempunyai indikator utama, semua progam sesuai dengan rencana yang ada. Akan tetapi, yang paling utama adalah peningkatan kinerja,” kata Dosinaen di Jayapura, Rabu (11/12/2019).

Menurutnya, sistem e-SAKIP memiliki data yang sudah terintegrasi, mulai dari proses perencanaan dan penganggaran, penatausahaan keuangan, serta tim pengendali program dan kegiatan. Sistem itu juga dilengkapi indikator yang  bisa dijadikan evaluasi untuk mengukur kinerja setiap OPD dengan lebih akurat. “Pemerintah Provinsi Papua semakin berbenah guna peningkatan akuntabilitas kinerja yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat,” ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Papua Kansiana Salle menjelaskan, e-Sakip merupakan aplikasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang disusun berdasarkan pendampingan dan masukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “e-SAKIP merupakan rencana aksi Pemprov Papua yang terintegrasi, sejak adanya pendampingan KPK. Dengan adanya sistem ini, maka semua pertanggungjawaban dan laporan OPD berbasis elektronik,” kata Kansiana.

Dengan adanya alat kontrol lewat Papua Pu SAKIP (PPS), Salle berharap dapat meningkatkan pertanggungjawaban akuntabilitas kinerja OPD secara terukur. Peningkatan kinerja itu akan bermanfaat bagi masyarakat, dan sesuai dengan visi Gubernur Papua.

Loading...
;

“Kalau pemerintah kabupaten/kota mau mengadopsi aplikasi yang sudah dikembangkan Pemprov Papua, silahkan. Sistem ini sangat banyak manfaatnya,” ujarnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa