Direktorat Penataan Daerah: Otsus harus dievaluasi komprehensif

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Direktorat Penataan Daerah, Otonomi Khusus, dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah, Yusharto, mengatakan Otonomi Khusus harus dievaluasi secara kompreensif, karena dana hanya menjadi bagian kecil dari pelaksanaan Otsus.

Hal-hal lain yang berkaitan dengan Otsus di antaranya kewenangan meliputi kelembagaan itu pun harus mendapatkan porsi yang cukup besar untuk bisa dilakukan evaluasi.

"Kami nilai evaluasi dana otsus sebagai langkah yang sangat penting. Apalagi kami memang saat ini sedang mengumpulkan semua stakeholder untuk mendapatkan data penyelenggaraan Otsus secara komprehensif," kata Yusharto, saat Rapat Koordinasi Tentang Efektivitas Perdasi/Perdasus Tahun 2018, di Jayapura, Senin (12/11/2018).

Untuk data terkait penyelenggaraan Otsus, ujar ia, pihaknya tidak hanya mengambil masukan dari pemerintah saja, tetapi juga dari lembaga-lembaga seperti Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) yang telah melaksanakan kajian tentang Otsus.

"Oleh sebab itu Otsus harus dievaluasi secara  komprehensif," ujarnya lagi.

Hal yang sama disampaikan Asisten Bidang Umum Papua, Elysa Auri. Dirinya mengatakan Pemerintah Provinsi Papua akan mengevaluasi pembagian dana Otsus sebesar 80 persen yang diberikan kepada kabupaten/kota selama lima tahun. 

Loading...
;

"Sebesar 80 persen dana Otsus dievaluasi termasuk regulasinya, yakni bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi rakyat, dan infrastruktur," kata Auri. 

Evaluasi yang dilakukan terkait bagaimana efektivitas atau manfaat dari penggunaan dana 80 persen pada bidang pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur kepada masyarakat yang ada di kabupaten/kota. 

“Kalau bicara soal efektif, kita lihat tentu di kabupaten/kota, banyak hambatan yang akan disesuaikan dengan regulasi. Tapi harapannya dengan dana yang cukup besar ini bermanfaat untuk masyarakat di Papua," ujarnya.

Ia tekankan pembagian dan evaluasi dana Otsus 80 persen ke kabupaten/kota merupakan kebijakan Gubernur Papua Lukas Enembe, namun sampai besaran pembagian dana masih tetap sama, yakni 80 : 20.

"Saya harap melalui rapat koordinasi tentang efektivitas perdasi/perdasus tahun 2018 dapat memberikan evaluasi bagaimana perkembangan 80 persen untuk kabupaten/kota," kata Auri. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top