Follow our news chanel

Previous
Next

Dirjen Capil Kemendagri segera keluarkan SK Kadis Dukcapil Jayapura

Proses perekaman e-KTP di Kantor Disdukcapil Kabupaten Jayapura - Jubi/Engel Wally
Dirjen Capil Kemendagri segera keluarkan SK Kadis Dukcapil Jayapura 1 i Papua
Proses perekaman e-KTP di Kantor Disdukcapil Kabupaten Jayapura – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Direktorat Jenderal (Dirjen) Pencatatan Sipil (Capil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam waktu dekat akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Pelantikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadis Dukcapil) Kabupaten Jayapura.

Hal ini melalui perjuangan panjang, setelah pelantikan Kepala Dinas Dukcapil  Kabupaten Jayapura pada Juni 2019 lalu.

Saat ditemui Jubi, Selasa (18/2/2020), Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi langsung dengan Mendagri di Jakarta, dan Mendagri telah memerintahkan Dirjen Capil untuk segera mengeluarkan SK Pelantikan Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Jayapura.

“Persoalan ini sudah sejak Mendagri masih Tjahyo Kumolo, sekarang sudah diganti lagi oleh Pak Tito Karnavian. Dalam waktu dekat surat keputusannya akan turun,” jelas Bupati Awoitauw di ruang kerjanya, Selasa (18/2/2020).

Dikatakan, secara aturan memang kewenangan Dirjend Capil yang mengeluarkan SK Pelantikan Kadis Dukcapil, tetapi penetuan figur kepala dinas adalah kewenangan pemerintah daerah. Hal ini berkaitan dengan sistem pelayanan atas kebutuhan masyarakat.

“Administrasi oleh pusat, sementara kebutuhan masyarakat melalui pelayanan dokumen kependudukan di daerah ini adalah tugas kami, karena yang diurus adalah warga masyarakat yang tinggal di Kabupaten Jayapura,” jelasnya.

Loading...
;

Sementara itu, dalam kurun waktu masa belum definitif Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Jayapura, pengurusan hampir sebagian dokumen kependudukan menggunakan surat keterangan (suket) yang ditandatangani atas nama Kepala Dinas Dukcapil.

“Pengurusan dokumen kependudukan beberapa waktu lalu memang terkendala jaringan internet, tetapi saat ini sudah berjalan normal. Untuk masyarakat yang mendapati surat keterangan bisa mengurusnya kembali semua dokumen kependudukannya setelah ada pengesahan SK dari Dirjend Capil,” pungkas Kadis Dukcapil Kabupaten Jayapura, Herald Berhitu. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top