Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Disbudpar Jayapura kembali kelola Situs Tutari

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo, saat wawancara - Jubi/Engel Wally
Disbudpar Jayapura kembali kelola Situs Tutari 1 i Papua
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo, saat diwawancara – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo, mengatakan pihaknya akan kembali mengelola Situs Megalitik Tutari yang berada di Kampung Doyo Lama Distrik Waibhu.

Satu-satunya situs megalitik yang berada di Kabupaten Jayapura saat ini dikelola oleh Pemerintah Provinsi Papua melalui Badan Arkeologi. Kendati demikian, kondisi situs ini dari hari ke hari ditinggal tanpa ada perhatian serius oleh pihak pengelola.

Disbudpar Jayapura kembali kelola Situs Tutari 2 i Papua

“Pengelolaannya masih di provinsi, nanti kita coba koordinasi kembali untuk mengelolanya. Karena situs tersebut berada di wilayah hukum Kabupaten Jayapura,” jelas Joko, saat ditemui di Sentani, Selasa (5/3/2019).

Dikatakan, dengan melihat kondisi seperti saat ini sebenarnya situs tersebut harus dikelola secara baik karena menjadi aset yang penting dalam sejarah peradaban manusia di zaman moderen ini.

“Untuk kepentingan pendidikan, tetapi juga kepentingan wisata alam serta penelitian dan bisa menjadi sumber informasi yang akurat terkait kejadian di waktu-waktu lalu,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, memerintahkan Kepala Dinas Pariwisata sebelumnya segera berkoordinasi dengan Badan Arkeologi Papua menyangkut pengelolaan peninggalan purbakala tersebut.

Loading...
;

“Masih banyak potensi wisata geologi di daerah ini yang seharusnya di kelola secara serius. Termasuk tugu Mc Arthur yang dikelola oleh provinsi. Oleh sebab itu instansi teknis yang telah diberikan tugas dan tanggung jawab untuk mengurusi perihal tersebut, diharapkan dapat melaksanakannya dengan baik. Karena semua aset ini berada di Kabupaten Jayapura,” ungkapnya. (*)

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo, saat wawancara – Jubi/Engel Wally

Editor: Dewi Wulandari

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top