Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Disdik Kaimana tegaskan pendaftaran siswa baru gratis

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Kaimana, Jubi – Kepala Bidang Pendidikan Dasa, Menengah dan TK Kabupaten Kaimana, Silas Djarfi menegaskan, pendaftaran siswa baru seharusnya gratis karena telah dibebankan dalam DPA Dinas Pendidikan setiap tahunnya.

Meski demikian, ia tak menampik biaya pendidikan memang mahal. Oleh sebab itu, pihaknya membutuhkan kerja sama yang baik dari para orangtua murid.

“Biaya pendaftaran itu tidak diperbolehkan karena sudah ada dalam DPA, dan kami sendiri tidak menginstruksikan hal ini untuk dilakukan,” katanya kepada Jubi di Kaimana, Kamis (18/5/2017).

Menurut dia, biasanya jika ada pungutan kepada siswa baru akan dikembalikan setelah pihak sekolah mengajukan permohonan tersebut kepada Dinas Pendidikan.

Informasi yang dihimpun Jubi menyebutkan, beberapa sekolah melalui panitia penerimaan siswa baru memungut pendaftaran Rp 15.000- Rp 30.000. Sementara pakaian seragam dipungut dikenakan biaya Rp 700.000-Rp 1.300.000 per siswa baru.

“Karena memang anggaran untuk sekolah itu telah disesuaikan dengan program yang ada, sehingga tidak ada anggaran untuk fotokopi formulir pendaftaran atau sejenisnya. Tidak ada biaya untuk seragam, sehingga itu dibebankan kepada siswa/i baru yang ingin masuk menjadi murid pada sekolah-sekolah dimaksud, baik SD, SMP maupun SMA,” katanya.

Loading...
;

Hal itu, lanjutnya, harus disosialisasikan kepada publik lewat media massa atau media lainnya agar tidak salah paham, sebab pendapatan masyarakat berbeda-beda.

Warga Kaimana, Lukas Muray meminta agar kebijakan sekolah dan dinas disosialisasikan. Dirinya tak mempersoalkan biaya pendaftaran dan biaya pendidikan lainnya. Namun jika ada kebijakan sedianya disosialisasikan terlebih dahulu.

“Memang pendidikan itu mahal. Kemarin biaya daftar masih agak murah, sekarang sudah ditambah lagi. Tetapi mohan agar dalam hal ini disosialisasikan kepada pihak orang tua,” katanya. (Jacob Owen)

 

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top