Disdik Kota Jayapura Belum Tahu ada Siswa SMA Tak Bisa Membaca

Jayapura, Jubi – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jayapura belum mendapat laporan informasi yang menyebut, ada 10 siswa baru di salah satu Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) di Kota Jayapura yang tak bisa membaca, dimana ada diantara siswa baru itu merupakan lulusan SMP di Kota Jayapura.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa mengatakan, pihaknya belum mendapat laporan akan hal itu.

“Saya belum dengar informasi itu. Belum ada laporan ke kami. Kalau ada kami akan cek ke sekolah itu dan melihat kompetensi seorang guru. Tapi sejauh ini Dinas Pendidikan Kota Jayapura belum menerima laporan itu,” kata I Wayan via teleponnya kepada Jubi, Jumat (18/9/2015).

Namun menurutnya, yang pasti sistem penilaian di sekolah mengacu pada aturan delapan standar nasional pendidikan.

“Disitu ada yang disebut ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan semester, dan ulangan kenaikan kelas. Jadi kalau anak tak bisa baca, bagaimana mau naik kelas. Kan lucu,” ucapnya.

“Itu kan sudah diatur lewat peraturan menteri dalam delapan standar nasional pendidikan. Dengan regulasi yang saya sebutkan tadi, ada ulangan harian dan lainnya, itu kan bisa disaring betul mana anak – anak yang tahu baca, mana yang tidak. Itu sudah jelas. Yang tak tahu baca jangan dikasi naik,” katanya lagi.

Sebelumnya, sumber terpecaya Jubi yang tak mau disebutkan namanya mengatakan, ada 10 siswa baru di salah satu SMA/SMK di Kota Jayapura yang tak tahu membaca.

Loading...
;

“Tahun ini dari 650 siswa baru, terdeteksi 10 org tidak bisa membaca. Ironisnya ada tamatan SMP di Kota Jayapura. Ini terungkap ketika guru meminta siswa membaca secara bergiliran. Ketika giliran siswa itu, ketahuanlah kalau dia tidak bisa membaca. Yang agak riskan, karena ada diantaranya tamatan salah satu SMP di Kota Jayapura,” kata sumber itu kepada Jubi. (Arjuna Pademme)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top