Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Disdik Papua dorong SMK punya bengkel sendiri

Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Papua, Christian Sohilait (batik merah) saat berbincang dengan kolega. - Jubi/Ramah
Disdik Papua dorong SMK punya bengkel sendiri 1 i Papua
Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Papua, Christian Sohilait (batik merah) saat berbincang dengan kolega. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Papua mendorong semua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Papua, bisa memiliki bengkel sendiri sehingga ilmu yang dipelajari menjadi bermanfaat.

“Bengkel baru ada sembilan sehingga untuk cari alat praktik saja susahnya setengah mati. Tidak boleh. Kami harus intervensi,” ujar Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Papua, Christian Sohilait, di SMP Al Ihsan Yapis Kotaraja Jayapura, Kamis (13/2/2020).

Disdik Papua dorong SMK punya bengkel sendiri 2 i Papua

Menurut Christian, dengan mengintervensi SMK miliki bengkel sendiri, peserta didiknya bisa menghasilkan uang sendiri untuk keperluan sekolah dan kebutuhan sehari-hari.

“Kalau bisa, semua bengkel-bengkel itu, SMK harus ambil alih. Kalau sudah, kasih tahu saya, kasih tahu wali kota supaya kami bantu. Saya terus dorong SMK untuk bisa menghasilkan sesuatu,” ujar Christian.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Papua, Adrian Howay, mengatakan SMK harus bisa terintegrasi di dunia kerja sehingga ketika sudah lulus sekolah bukan hanya ilmu pengetahuan yang didapat tapi juga keterampilan.

“LPMP Papua sebagai penghubung Kemendikbud dengan pemerintah daerah dapat bersama-sama membantu dalam meningkatkan pendidikan di daerah, terutama masalah Sumber Daya Manusia,” ujar Howay.

Loading...
;

Menurut Howay, diperlukan untuk menyelaraskan kurikulum, pembentukan komite perdagangan, uji kompetensi bersama, pelatihan guru produktif serta tenaga ahli yang diperbantukan di SMK.

“Melalui langkah konkret ini, diharapkan para lulusan SMK memiliki wawasan dan sikap kompetitif seperti etika kerja, motivasi capaian dan penguasaan materi, sehingga unggul dan handal menjaga tenaga kerja sesuai yang dibutuhkan industri kerja,” jelas Howay. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top