Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Disdukcapil minta pemerintah kampung proaktif

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Jayapura minta kepada aparat pemerintah kampung untuk proaktif mengecek dokumen warganya masing-masing.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Dukcapil, Edi Susanto, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (3/9/2018).

Disdukcapil minta pemerintah kampung proaktif 1 i Papua

Menurut Edi, dari sosialisasi yang dilakukan pihaknya secara mobile ke setiap kampung diakui masih ada anggota masyarakat yang belum proaktif untuk mengurus dokumen kependudukan mereka.

“Kepala kampung yang baik, bisa mendata warganya yang belum memiliki dokumen kependudukan. Dari data tersebut, petugas kami akan turun kembali dan melakukan perekaman serta pengurusan terkait dokumen kependudukan yang dibutuhkan,” ujarnya.

Dikatakan, dokumen kependudukan ini sangat penting, untuk kepentingan masyarakat nantinya. Baik itu e-KTP, akta lahir, akta nikah, dan dokumen lainnya. Ketika masyarakat tidak memiliki dokumen kependudukan lengkap, akan kesulitan untuk mengurus segala sesuatu yang dibutuhkan.

“Mulai dari urus masuk kuliah, cari kerja, kredit uang di bank, pengambilan bantuan sosial, sertifikat tanah, serta kebutuhan lainnya, tentu yang ditanya adalah dokumen kependudukan sebagai syarat utama. Oleh sebab itu, kepala kampung atau juga masyarakat yang belum memiliki dokumen kependudukan agar dapat mengurusnya dengan segera,” jelasnya

Loading...
;

Sementara itu, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Jayapura, Simon Yosep Done, mengatakan pihaknya agak kesulitan dalam mengurus dan memberikan sertifikat tanah kepada warga yang tidak memiliki kelengkapan dokumen kependudukan.

“Minimal ada e-KTP atau kartu keluarga. Hal ini yang seringkali menjadi kendala kita di lapangan saat mendata dan memberikan sertifikat kepada masyarakat,” katanya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top