Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Disdukcapil siap tingkatkan pelayanan publik

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jayapura, Edi Susanto, mengatakan pihaknya dalam waktu dekat ini akan menata kembali serta meningkatkan sistem pelayanan kepada masyarakat umum terkait pelayanan dokumen kependudukan.

Menurutnya, Standar Operasional Prosedur (SOP) secara umum dalam kaitannya dengan pelayanan memang sedang berjalan, hanya saja terkandala persoalan teknis.

Disdukcapil siap tingkatkan pelayanan publik 1 i Papua

“Kalau hanya untuk perekaman e-KTP tidak begitu lama prosesnya, hanya saja yang ditakutkan adalah pendobolan nama dan NIK dari yang mengurus dokumen kependudukannya. Sementara protap standar pelayanan sudah berjalan dan masih terus kami melakukan pembenahan,” kata Edi Susanto, yang juga Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Jayapura, di ruang kerjanya, Rabu (29/8/2018).

Dikatakan, seperti yang disampaikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI belum lama ini terkait sistem palayanan di Disdukcapil. Pihaknya mengakui hal tersebut, tetapi tidak mungkin serta merta ada pembenahan yang dilakukan.

“Yang namanya mengurus dokumen kependudukan tidak akan selesai selama masih ada aktivitas manusia di daerah ini. Ada yang pindah tempat tinggal, ada yang baru datang, ada yang menikah, ada yang cerai, ada yang meninggal, dan ada yang sudah mencapai umur dewasa, serta ada yang baru lahir. Semua dokumennya harus diurus,” ujarnya.

Seorang warga masyarakat, Yohanis, yang mengurus Surat Akta Lahir  di kantor Disdukcapil, mengatakan pelayanan saat ini sudah mulai tertib dibandingkan beberapa waktu lalu.

Loading...
;

“Yang lalu kita antri di dalam ruangan sampai berjam-jam, bahkan mengurusnya bisa beberapa hari. Tetapi sekarang sudah terlihat ada sejumlah loket untuk pengurusan masing-masing dokumen,” katanya. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top